Virgianto, Arland (2023) DAMPAK PENGGUNAAN SMARTPHONE TERHADAP INTERAKSI SISWA DI SMA NEGERI 1 TANA TORAJA. Skripsi thesis, Universitas Hasanuddin.
![[thumbnail of E031181333_skripsi_13-11-2023 cover1.png]](/39199/1.hassmallThumbnailVersion/E031181333_skripsi_13-11-2023%20cover1.png)

E031181333_skripsi_13-11-2023 cover1.png
Download (122kB) | Preview
![[thumbnail of E031181333_skripsi_13-11-2023 1-2.pdf]](/style/images/fileicons/text.png)
E031181333_skripsi_13-11-2023 1-2.pdf
Download (807kB)
![[thumbnail of E031181333_skripsi_13-11-2023 dp.pdf]](/style/images/fileicons/text.png)
E031181333_skripsi_13-11-2023 dp.pdf
Download (1MB)
![[thumbnail of E031181333_skripsi_13-11-2023.pdf]](/style/images/fileicons/text.png)
E031181333_skripsi_13-11-2023.pdf
Restricted to Repository staff only
Download (3MB)
Abstract (Abstrak)
Arland Virgianto, E031181333 “Dampak Penggunaan Smartphone Terhadap Interaksi Siswa di SMA Negeri 1 Tana Toraja”. Dibimbing oleh Dr. Nuvida Raf, S.Sos, M.A dan Arini Enar Lestari AR, S.Pd, M.Sos. Fakultas Ilmu Sosial dan Ilmu Politik Universitas Hasanuddin.
Perkembangan teknologi pada era globalisasi saat ini sangat pesat yang didukung oleh ilmu pengetahuan, saat ini smartphone menjadi salah satu media belajar di sekolah yang dapat menimbulkan berbagai dampak kepada siswa. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui bentuk dan dampak penggunaan smartphone terhadap interaksi sosial siswa di SMA Negeri 1 Tana Toraja. Adapun penelitian ini menggunakan metode kuantitatif deskriptif dengan strategi penelitian survei. Teknik pengumpulan data yang digunakan yaitu kuesioner, kajian pustaka dan dukumentasi. Penelitian ini menggunakan teori interaksi sosial dari Soerjono Soekanto di lihat dari konsep proses interkasi sosial asosatif dan disosiatif. Hasil penelitian ini menunjukkan bentuk interaksi asosiatif dan disosiatif yang terbentuk dari penggunaan smartphone, pada proses interaksi asosiatif siswa menunjukkan peningkatan solidaritas antar siswa dengan guru maupun sesama siswa, sedangkan pada proses interaksi sosial disosiatif pada siswa menunjukkan hasil yang tidak begitu dominan baik itu yang dialami oleh siswa dengan guru maupun sesama siswa. Dampak penggunaan smartphone pada siswa dilihat dari dampak positif dan negatif. dampak positif penggunaan smartphone terhadap interaksi sosial siswa cukup berpengaruh besar yang terlihat dari besarnya persentase derajat sedang. Sedangkan dampak negatif penggunaan smartphone terhadap interaksi sosial siswa berada pada derajat yang rendah, dikarenakan siswa tidak berada pada dampak negatif atau disosiatif terhadap interaksi yang tinggi terlihat dari hasil persentase rendah.
Item Type: | Thesis (Skripsi) |
---|---|
Subjects: | H Social Sciences > H Social Sciences (General) |
Divisions (Program Studi): | Fakultas Ilmu Sosial dan Ilmu Politik > Sosiologi |
Depositing User: | Nasyir Nompo |
Date Deposited: | 15 Nov 2024 01:36 |
Last Modified: | 15 Nov 2024 01:36 |
URI: | http://repository.unhas.ac.id:443/id/eprint/39199 |