Utami, Wulan Aprilia (2024) Hubungan Kualitas Layanan Terhadap Kepuasan Pendaftaran Online Peserta BPJS Kesehatan pada Aplikasi Mobile JKN di Kota Makassar. Skripsi thesis, Universitas Hasanuddin Makassar.
K011201050_skripsi_15-10-2024 bab 1-2.pdf
Download (1MB)
K011201050_skripsi_15-10-2024 cover1.jpg
Download (315kB) | Preview
K011201050_skripsi_15-10-2024 dp.pdf
Download (1MB)
K011201050_skripsi_15-10-2024.pdf
Restricted to Repository staff only
Download (3MB)
Abstract (Abstrak)
Latar Belakang: Sebagian besar peserta BPJS Kesehatan tidak bisa menggunakan aplikasi mobile JKN atau disebabkan juga oleh kurangnya kualitas layanan dari aplikasi tersebut. Kendala–kendala yang dirasakan oleh peserta BPJS Kesehatan di wilayah Kota Makassar diantaranya masyarakat memiliki keterbatasan dalam mengakses aplikasi ini, baik keterbatasan sarana atau media dalam melakukan daftar maupun login aplikasi, juga dalam melakukan pelayanan pendaftaran online. Beberapa permasalahan tersebut menjadi alasan penggunaan layanan aplikasi mobile JKN di kantor cabang tidak optimal sehingga berpengaruh terhadap kepuasan pengguna mobile JKN. Tujuan: Mengetahui hubungan kualitas layanan terhadap kepuasan pendaftaran online peserta BPJS Kesehatan pada aplikasi mobile JKN di Kota Makassar. Metode: Penelitian ini merupakan penelitian analitik observasional dengan desain cross sectional study kuantitatif. Sampel pada penelitian ini adalah pengguna aplikasi mobile JKN di Kota Makassar yang berjumlah 100 orang yang diambil dengan metode accidental sampling. Analisis data yang dilakukan adalah univariat dan bivariat dengan uji Chi-Square. Hasil: Ada hubungan antara kualitas sistem dengan kepuasan pengguna (p=0.014). Ada hubungan antara kualitas interaksi dengan kepuasan pengguna (p=0.038). Ada hubungan antara kualitas informasi dengan kepuasan pengguna (p=0.008). Ada hubungan antara kualitas layanan dengan kepuasan pengguna (p= 0.003). Kesimpulan: Kualitas sistem, kualitas interaksi, dan kualitas informasi memiliki hubungan dengan kepuasan pengguna dan ketiga aspek tersebut yang memicu sehingga adanya hubungan antara kualitas layanan dengan kepuasan pendaftaran online peserta BPJS Kesehatan pada aplikasi mobile JKN di Kota Makassar. Disarankan agar BPJS Kesehatan dapat terus berinovasi dengan menambahkan fitur-fitur baru yang relevan dan mendukung kebutuhan pengguna, seperti fitur pengecekan status pendaftaran secara real-time, panduan layanan, serta peningkatan keamanan data pengguna.
Item Type: | Thesis (Skripsi) |
---|---|
Subjects: | R Medicine > RA Public aspects of medicine > RA0421 Public health. Hygiene. Preventive Medicine |
Divisions (Program Studi): | Fakultas Kesehatan Masyarakat > Kesehatan Masyarakat |
Depositing User: | Unnamed user with username chandra |
Date Deposited: | 15 Nov 2024 01:31 |
Last Modified: | 15 Nov 2024 01:31 |
URI: | http://repository.unhas.ac.id:443/id/eprint/39195 |