Hubungan Kualitas Layanan Terhadap Kepuasan Pendaftaran Online Peserta BPJS Kesehatan pada Aplikasi Mobile JKN di Kota Makassar


Utami, Wulan Aprilia (2024) Hubungan Kualitas Layanan Terhadap Kepuasan Pendaftaran Online Peserta BPJS Kesehatan pada Aplikasi Mobile JKN di Kota Makassar. Skripsi thesis, Universitas Hasanuddin Makassar.

[thumbnail of K011201050_skripsi_15-10-2024 bab 1-2.pdf] Text
K011201050_skripsi_15-10-2024 bab 1-2.pdf

Download (1MB)
[thumbnail of K011201050_skripsi_15-10-2024 cover1.jpg]
Preview
Image
K011201050_skripsi_15-10-2024 cover1.jpg

Download (315kB) | Preview
[thumbnail of K011201050_skripsi_15-10-2024 dp.pdf] Text
K011201050_skripsi_15-10-2024 dp.pdf

Download (1MB)
[thumbnail of K011201050_skripsi_15-10-2024.pdf] Text
K011201050_skripsi_15-10-2024.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (3MB)

Abstract (Abstrak)

Latar Belakang: Sebagian besar peserta BPJS Kesehatan tidak bisa menggunakan aplikasi mobile JKN atau disebabkan juga oleh kurangnya kualitas layanan dari aplikasi tersebut. Kendala–kendala yang dirasakan oleh peserta BPJS Kesehatan di wilayah Kota Makassar diantaranya masyarakat memiliki keterbatasan dalam mengakses aplikasi ini, baik keterbatasan sarana atau media dalam melakukan daftar maupun login aplikasi, juga dalam melakukan pelayanan pendaftaran online. Beberapa permasalahan tersebut menjadi alasan penggunaan layanan aplikasi mobile JKN di kantor cabang tidak optimal sehingga berpengaruh terhadap kepuasan pengguna mobile JKN. Tujuan: Mengetahui hubungan kualitas layanan terhadap kepuasan pendaftaran online peserta BPJS Kesehatan pada aplikasi mobile JKN di Kota Makassar. Metode: Penelitian ini merupakan penelitian analitik observasional dengan desain cross sectional study kuantitatif. Sampel pada penelitian ini adalah pengguna aplikasi mobile JKN di Kota Makassar yang berjumlah 100 orang yang diambil dengan metode accidental sampling. Analisis data yang dilakukan adalah univariat dan bivariat dengan uji Chi-Square. Hasil: Ada hubungan antara kualitas sistem dengan kepuasan pengguna (p=0.014). Ada hubungan antara kualitas interaksi dengan kepuasan pengguna (p=0.038). Ada hubungan antara kualitas informasi dengan kepuasan pengguna (p=0.008). Ada hubungan antara kualitas layanan dengan kepuasan pengguna (p= 0.003). Kesimpulan: Kualitas sistem, kualitas interaksi, dan kualitas informasi memiliki hubungan dengan kepuasan pengguna dan ketiga aspek tersebut yang memicu sehingga adanya hubungan antara kualitas layanan dengan kepuasan pendaftaran online peserta BPJS Kesehatan pada aplikasi mobile JKN di Kota Makassar. Disarankan agar BPJS Kesehatan dapat terus berinovasi dengan menambahkan fitur-fitur baru yang relevan dan mendukung kebutuhan pengguna, seperti fitur pengecekan status pendaftaran secara real-time, panduan layanan, serta peningkatan keamanan data pengguna.

Item Type: Thesis (Skripsi)
Subjects: R Medicine > RA Public aspects of medicine > RA0421 Public health. Hygiene. Preventive Medicine
Divisions (Program Studi): Fakultas Kesehatan Masyarakat > Kesehatan Masyarakat
Depositing User: Unnamed user with username chandra
Date Deposited: 15 Nov 2024 01:31
Last Modified: 15 Nov 2024 01:31
URI: http://repository.unhas.ac.id:443/id/eprint/39195

Actions (login required)

View Item
View Item