Atsar Istikhdam Tathbiq "Assemblr Edu" fi Itqani Mufradat al-Lughah al-'Arabiyyah Li-Thullab al-Madrasah al-Tsanawiyah Bhayangkara Makassar


Nadiana, Alfira (2024) Atsar Istikhdam Tathbiq "Assemblr Edu" fi Itqani Mufradat al-Lughah al-'Arabiyyah Li-Thullab al-Madrasah al-Tsanawiyah Bhayangkara Makassar. Skripsi thesis, Universitas Hasanuddin Makassar.

[thumbnail of F031201033_skripsi_07-10-2024 bab 1-2.pdf] Text
F031201033_skripsi_07-10-2024 bab 1-2.pdf

Download (1MB)
[thumbnail of F031201033_skripsi_07-10-2024 cover1.jpg]
Preview
Image
F031201033_skripsi_07-10-2024 cover1.jpg

Download (221kB) | Preview
[thumbnail of F031201033_skripsi_07-10-2024 dp.pdf] Text
F031201033_skripsi_07-10-2024 dp.pdf

Download (900kB)
[thumbnail of F031201033_skripsi_07-10-2024.pdf] Text
F031201033_skripsi_07-10-2024.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (3MB)

Abstract (Abstrak)

“Pengaruh Penggunaan Aplikasi “Assemblr Edu” terhadap Penguasaan Kosakata Bahasa Arab Siswa MTs Bhayangkara Makassar” di bawah bimbingan Ibu Haeriyyah, S.Ag., M.Pd.I dan Bapak Dr. Andi Agussalim, S.S., M.Hum.
Latar Belakang. Mayoritas siswa MTs Bhayangkara Tallo Lama Makassar masih belum mampu menguasai kosakata bahasa Arab. Hal ini merupakan salah satu masalah terbesar dalam pembelajaran bahasa Arab di MTs Bhayangkara. Tujuan. Penelitian ini bertujuan untuk menjelaskan proses penerapan dan menganalisis pengaruh penggunaan aplikasi Assemblr Edu terhadap penguasaan kosakata bahasa Arab pada siswa kelas VII B MTs Bhayangkara Tallo Lama Makassar. Metode. Penelitian ini menggunakan metode penelitian tindakan kelas dengan teknik analisis kuantitatif. Teknik pengumpulan data yang digunakan dalam penelitian ini adalah dokumentasi dan tes (pre test dan post test). Data telah dianalisis secara statistik menggunakan aplikasi SPSS. Hasil. Penelitian ini menunjukkan bahwa siswa kelas VII B mengalami peningkatan kosakata setelah menggunakan aplikasi Assemblr Edu dalam pembelajaran kosakata bahasa Arab. Kosakata tersebut berupa غرف في البيت، مضمون الغرف في البيت، الأعمال اليومية، أفراد الأسرة، فعل المضارع. Hal ini dibuktikan pada hasil uji paired sampel t-test pada nilai pre test dan post test siswa kelas VII B di Mts Bhayangkara yakni nilai Sig.(2-tailed) = 0,000 < 0,05. Dengan demikian, H0 ditolak dan Ha diterima. Sehingga dapat disimpulkan bahwa terdapat pengaruh signifikan dari penggunaan aplikasi Assemblr Edu terhadap peningkatan penguasaan kosakata bahasa Arab siswa di MTs Bhayangkara Makassar.
Kata Kunci : pengaruh, Assemblr Edu, kosakata bahasa Arab

Abstrak bahasa Inggris :
ALFIRA NADIANA. "The Effect of Using the "Assemblr Edu" Application on the Arabic Vocabulary Mastery of MTs Bhayangkara Makassar Students" under the guidance of Mrs. Haeriyyah, S.Ag., M.Pd.I and Mr. Dr. Andi Agussalim, S.S., M.Hum.
Background. The majority of students of MTs Bhayangkara Tallo Lama Makassar are still unable to master Arabic vocabulary. This is one of the biggest problems in learning Arabic at MTs Bhayangkara. Purpose. This study aims to explain the process of application and analyze the influence of the use of Assemblr Edu application on the mastery of Arabic vocabulary in grade VII B MTs Bhayangkara Tallo Lama Makassar. Method. This study uses a classroom action research approach with quantitative analysis techniques. The data collection techniques used in this study are documentation and tests (pre test and post test). The data has been statistically analyzed using the SPSS application. Result. This study shows that students in grade VII B experience an increase in vocabulary after using the Assemblr Edu application in learning Arabic vocabulary. The vocabulary is غرف في البيت، مضمون الغرف في البيت، الأعمال اليومية، أفراد الأسرة، فعل المضارع. This is evidenced by the results of the paired sample t-test on the pre test and post test scores of class VII B students at Mts Bhayangkara, namely the value of Sig.(2-tailed) = 0.000 < 0.05. Thus, H0 is rejected and Ha is accepted. So it can be concluded that there is a significant influence of the use of the Assemblr Edu application on the improvement of students' mastery of Arabic vocabulary at MTs Bhayangkara Makassar.
Keywords: influence, Assemblr Edu, Arabic vocabulary

Item Type: Thesis (Skripsi)
Subjects: P Language and Literature > PN Literature (General)
Divisions (Program Studi): Fakultas Ilmu Budaya > Sastra Asia Barat
Depositing User: Unnamed user with username chandra
Date Deposited: 12 Nov 2024 07:07
Last Modified: 12 Nov 2024 07:07
URI: http://repository.unhas.ac.id:443/id/eprint/39122

Actions (login required)

View Item
View Item