Anugrah Rivai, Muhammad Fadli (2023) Penerapan Profile Pelajar Pancasila Pada SMP Negeri 15 Makassar. Skripsi thesis, Universitas Hasanuddin.
E031181323_skripsi_13-11-2023 cover1.png
Download (133kB) | Preview
E031181323_skripsi_13-11-2023 1-2.pdf
Download (764kB)
E031181323_skripsi_13-11-2023 dp.pdf
Download (1MB)
E031181323_skripsi_13-11-2023.pdf
Restricted to Repository staff only
Download (4MB)
Abstract (Abstrak)
Muhammad Fadli Anugrah Rivai, E031181323 “Penerapan Profil Pelajar Pancasila Pada SMP Negeri 15 Makassar”, Dibimbing oleh Buchari Mengge dan Ridwan Syam. Departemen Sosiologi, Fakultas Ilmu Sosial dan Ilmu Politik, Universitas Hasanuddin.
Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui bentuk dan tantangan dalam penerapan Profil Pelajar Pancasila di SMP Negeri 15 Makassar. Penelitian ini menggunakan metode Mix Methode yaitu kualitatif dan kuantitatif dengan tipe deskriptif untuk menggambarkan dan menjelaskan studi kasus yang terjadi di SMPN 15 Makassar. Adapun teknik pengumpulan data yang digunakan adalah wawancara mendalam, observasi langsung, kuisioner, dan dokumentasi. Hasil penelitian ini menunjukkan Profil Pelajar Pancasila diterapkan melalui kegiatan intrakurikuler, ekstrakurikuler dan kokurikuler. Penerapan Profil Pelajar Pancasila melalui masing-masing kegiatan menggambarkan enam dimensi karakter yaitu (1) Beriman, bertakwa kepada Tuhan Yang Maha Esa, dan berakhlak mulia; (2) Berkebhinekaan global; (3) Bergotong royong; (4) Mandiri; (5); Bernalar kritis; (6) Bergotong royong. Dengan pendekatan analisis pendidikan moral Durkheim memberikan kontribusi dalam mengembangkan nilai-nilai karakter Profil Pelajar Pancasila sebagai pendekatan struktural fungsional agar siswa dapat menyesuaikan dengan lingkungan sosial yang dalam prosesnya memperhatikan tiga unsur yaitu semangat disiplin, keterikatan terhadap kelompok dan otonomi terhadap diri sendiri. Adapun tantangan dalam menerapkan nilai Profil Pelajar Pancasila yaitu pada kegiatan intrakurikuler seperti karakter siswa yang berbeda-beda dan ketersediaan sarana dan prasarana. Pada kegiatan ekstrakurikuler seperti kekurangan pelatih dan waktu pengajaran yang terbatas. Pada kegiatan kokurikuler seperti perencanaan projek dan waktu yang banyak dalam pelaksanaan kegiatannya.
Item Type: | Thesis (Skripsi) |
---|---|
Subjects: | H Social Sciences > H Social Sciences (General) |
Divisions (Program Studi): | Fakultas Ilmu Sosial dan Ilmu Politik > Sosiologi |
Depositing User: | Nasyir Nompo |
Date Deposited: | 12 Nov 2024 05:34 |
Last Modified: | 12 Nov 2024 05:34 |
URI: | http://repository.unhas.ac.id:443/id/eprint/39107 |