VALUASI EKONOMI OBJEK WISATA PANTAI TANJUNG LAYAR PUTIH, KOTA MAKASSAR = ECONOMIC VALUATION OF THE TANJUNG LAYAR BEACH TOURISM OBJECT WHITE, MAKASSAR CITY


Amelia, Siti (2024) VALUASI EKONOMI OBJEK WISATA PANTAI TANJUNG LAYAR PUTIH, KOTA MAKASSAR = ECONOMIC VALUATION OF THE TANJUNG LAYAR BEACH TOURISM OBJECT WHITE, MAKASSAR CITY. Skripsi thesis, Universitas Hasanuddin.

[thumbnail of Cover]
Preview
Image (Cover)
L041201024_skripsi_07-08-2024 cover1.png

Download (214kB) | Preview
[thumbnail of Bab 1-2] Text (Bab 1-2)
L041201024_skripsi_07-08-2024 1-2(FILEminimizer).pdf

Download (636kB)
[thumbnail of Dapus] Text (Dapus)
L041201024_skripsi_07-08-2024 dp(FILEminimizer).pdf

Download (772kB)
[thumbnail of Full Text] Text (Full Text)
L041201024_skripsi_07-08-2024(FILEminimizer).pdf
Restricted to Repository staff only until 29 October 2026.

Download (2MB)

Abstract (Abstrak)

Penelitian ini bertujuan Untuk menganalisis faktor-faktor yang mempengaruhi jumlah kunjungan wisatawan untuk datang ke Pantai Tanjung Layar Putih dan Untuk menganalisis nilai ekonomi Pantai Tanjung Layar Putih berdasarkan metode analisis biaya perjalanan. Penelitian ini menggunakan kuantitatif dan teknik pengumpulan datanya adalah studi literatur, observasi dan wawancara menggunakan kuisioner. Populasi dalam penelitian ini adalah pengunjung Pantai Tanjung Layar Putih. Teknik pengambilan sampel penelitian ini adalah accidental sampling dengan jumlah sampel sebanyak 55 responden. Penelitian ini dilakukan pada bulan Desember – Januari 2023/2024 yang bertempat di Pantai Tanjung Layar Putih, Unnamed Road, Tanjung Merdeka, Tamalate, Makassar City, Sulawesi Selatan. dengan menggunakan metode analisis data yang digunakan adalah regresi linear berganda dan analisis biaya perjalanan. Hasil penelitian ini menunjukkan bahwa faktor-faktor yang mempengaruhi jumlah kunjungan wisatawan untuk datang ke Pantai Tanjung Layar Putih yaitu Daya Tarik (X2), Kelengkapan Fasilitas (X3), Jarak Tempuh (X4), Tingkat Kebersihan (X6) yang dimana faktor-faktor tersebut mempengaruhi sebanyak 73%. Untuk hasil uji t didapatkan bahwa seluruh variabel secara individu memiliki pengaruh yang kuat terhadap variabel terikat. Dari hasil perhitungan surplus konsumen diatas (CS) maka didapatkan nilai yang berada pada rentang Rp 42.105. Nilai ekonomi objek wisata Pantai Tanjung Layar Putih yang diketahui adalah sebesar Rp 326.861.115., nilai tersebut didapatkan dari hasil perkalian antara surplus konsumen dan jumlah pengunjung Pantai Tanjung Layar Putih satu tahun.

Keywords : Jumlah Kunjungan, Surplus Konsumen, Biaya Perjalanan, Objek Wisata.

Item Type: Thesis (Skripsi)
Uncontrolled Keywords: Number of Visits, Consumen Surplus, Travel Costs, Tourist Attractions.
Subjects: Q Science > Q Science (General)
Divisions (Program Studi): Fakultas Ilmu Kelautan dan Perikanan > Ilmu Perikanan
Depositing User: S.Sos Rasman -
Date Deposited: 29 Oct 2024 07:29
Last Modified: 29 Oct 2024 07:29
URI: http://repository.unhas.ac.id:443/id/eprint/38720

Actions (login required)

View Item
View Item