Ayundi, Siti Adani (2023) PERSEPSI DOSEN TERHADAP IMPLEMENTASI 12 PERANAN DOSEN PENDIDIKAN KEDOKTERAN PROGRAM STUDI S1 FAKULTAS KEDOKTERAN UNIVERSITAS HASANUDDIN : A MIXED METHOD STUDY = FACULTY PERCEPTIONS ON IMPLEMENTATION 12 ROLE OF MEDICAL EDUCATION TEACHERS BACHELOR OF FACULTY OF MEDICINE HASANUDDIN UNIVERSITY: A MIXED METHOD STUDY. Skripsi thesis, Universitas Hasanuddin.
![[thumbnail of Cover]](/38548/1.hassmallThumbnailVersion/C012212008_tesis_06-12-2023%20cover1.png)

C012212008_tesis_06-12-2023 cover1.png
Download (113kB) | Preview
![[thumbnail of Bab 1-2]](/style/images/fileicons/text.png)
C012212008_tesis_06-12-2023 1-2.pdf
Download (1MB)
![[thumbnail of Dapus]](/style/images/fileicons/text.png)
C012212008_tesis_06-12-2023 dp.pdf
Download (7MB)
![[thumbnail of Full Text]](/style/images/fileicons/text.png)
C012212008_tesis_06-12-2023.pdf
Restricted to Repository staff only until 17 July 2025.
Download (9MB)
Abstract (Abstrak)
Tujuan: Untuk melaporkan analisis implementasi 12 peran dosen kedokteran di Universitas Hasanuddin Indonesia dari perspektif dosen Metode: Metode mixed method dengan pengukuran kuantitatif dan kualitatif menggunakan kuesioner skala Likert yang dimodifikasi dilanjutkan dengan Focus Group Discussion (FGD) yang dilakukan oleh dosen. Analisis dilakukan secara kuantitatif dan kualitatif. Hasil: Untuk studi kuantitatif: 63 dosen kedokteran dari Fakultas Kedokteran telah mengisi kuesioner. Berdasarkan ketiga indikator tersebut, persepsi dan komitmen dosen terhadap 12 peran dosen memiliki angka yang secara signifikan tidak jauh berbeda. Berdasarkan kuesioner, mayoritas persepsi dan implementasi guru terhadap 12 peran dosen setuju bahwa guru sebagai penyedia informasi dalam setting klinis (mean 4,60 dan 4,40). Dan mereka berkomitmen sebagai penyedia informasi di kelas (rata-rata 4,70). Adapun studi kualitatif: Kategori terimplementasi dengan baik dibagi menjadi 6 tema sedangkan 3 tema untuk kategori yang belum terimplementasi dengan baik. Kategori yang terimplementasi dengan baik terdiri dari: "Sebagai guru kelas yang kompeten", "sebagai fasilitator yang baik", "sebagai pembuat materi kursus", "sebagai pengajar klinis yang kompeten", ""sebagai panutan positif", "sebagai perancang dan evaluator kurikulum", dan untuk kategori yang belum terimplementasi dengan baik, terdiri dari "dosen sebagai pembuat materi", "sebagai perancang dan evaluator kurikulum", dan "sebagai role model positif". Kesimpulan : Dari penelitian ini didapatkan bahwa persepsi serta implementasi yang belum terlaksana dengan baik adalah dosen sebagai perancang kurikulum, dan yang peran dosen yang memiliki persepsi dan implementasi dengan baik adalah penyedia informasi baik dikelas ataupun setting klinis
Item Type: | Thesis (Skripsi) |
---|---|
Subjects: | R Medicine > R Medicine (General) |
Divisions (Program Studi): | Fakultas Kedokteran > Ilmu Kedokteran |
Depositing User: | Nasyir Nompo |
Date Deposited: | 30 Oct 2024 01:56 |
Last Modified: | 30 Oct 2024 01:56 |
URI: | http://repository.unhas.ac.id:443/id/eprint/38548 |