PENGARUH BAURAN PEMASARAN TERHADAP REVISIT INTENTION MELALUI KEPUASAN PASIEN DI INSTALASI RAWAT JALAN RS UNHAS = THE EFFECT OF MARKETING MIX ON REVISIT INTENTION THROUGH PATIENT SATISFACTION IN THE OUTPATIENT DEPARTMENT OF UNHAS HOSPITAL


Yustikarini, Nurunnisa (2024) PENGARUH BAURAN PEMASARAN TERHADAP REVISIT INTENTION MELALUI KEPUASAN PASIEN DI INSTALASI RAWAT JALAN RS UNHAS = THE EFFECT OF MARKETING MIX ON REVISIT INTENTION THROUGH PATIENT SATISFACTION IN THE OUTPATIENT DEPARTMENT OF UNHAS HOSPITAL. Thesis thesis, Universitas Hasanuddin.

[thumbnail of Cover]
Preview
Image (Cover)
K022221034_tesis_27-08-2024 cover1.jpg

Download (319kB) | Preview
[thumbnail of Bab 1-2] Text (Bab 1-2)
K022221034_tesis_27-08-2024 bab 1-2.pdf

Download (4MB)
[thumbnail of Dapus] Text (Dapus)
K022221034_tesis_27-08-2024 dp.pdf

Download (2MB)
[thumbnail of Full Text] Text (Full Text)
K022221034_tesis_27-08-2024.pdf
Restricted to Repository staff only until 17 May 2026.

Download (9MB)

Abstract (Abstrak)

Latar Belakang. Salah satu tantangan rumah sakit hari ini adalah persaingan diatara rumah sakit yang semakin kompetitif. Khususnya di Kota Makassar tercatat terdapat 90 rumah sakit umum dan 30 rumah sakit khusus, salah satunya RS UNHAS. Dalam Rencana Strategi dan Bisnis RS UNHAS menargetkan jumlah pendapatan RS yakni 25% bersumber dari pembiayaan umum/asuransi dan 75% dari BPJS. Namun, fenomena yang terjadi justru jumlah kunjungan yang menurun dapat terjadi. Hal ini menunjukkan bahwa rumah sakit perlu untuk merancang strategi yang efektif dan menciptakan keunggulan kompetitif agar mampu menarik dan mempertahankan pasiennya. Saat ini, pendekatan pemasaran telah mengalami pergeseran ke arah konsep 4A (Awareness, Acceptability, Affordability, Accessibility) yang menekankan orientasi pada pasien. Tujuan. Untuk mengetahui pengaruh marketing mix 4A terhadap behaviouralintention melalui kepuasan pasien. Metode. Penelitian yang digunakan penelitian kuantitatif menggunakan studi observasional analitik-deskriptif dengan rancangan cross sectional study dengan sampel 100 menggunakan metode purposive sampling dan dianalisis menggunakan Partial Least Squares Structural Equation Modeling (PLS- SEM). Hasil. Analisis pengaruh langsung bahwa terdapat pengaruh signifikan dimensi 4A (Awareness, Acceptability, Affordability, Accessibility) terhadap revisit intention dimensi Awareness (t=3.642, p = 0.000), Acceptability terhadap revisit intention (t=3.542, p = 0.000), Affordability terhadap revisit intention (t=3.232, p = 0.000), Accessibility terhadap revisit intention (t=4.642, p = 0.000) Kesimpulan. Pada penelitian ini menemukan bahwa pendekatan marketing mix dengan persepktif pasien dapat meningkatkan kepuasan pasien sehingga pasien serta dapat berdampak pada tingkat revisit intention dalam meningkatakan kunjungan pasien.

Kata Kunci : Marketing Mix 4A; RS UNHAS; Pasien rawat jalan; Kepuasan Pasien.

Item Type: Thesis (Thesis)
Subjects: R Medicine > RA Public aspects of medicine > RA0421 Public health. Hygiene. Preventive Medicine
Divisions (Program Studi): Fakultas Kesehatan Masyarakat > Administrasi Rumah Sakit
Depositing User: stfathirah s
Date Deposited: 23 Oct 2024 06:34
Last Modified: 23 Oct 2024 06:34
URI: http://repository.unhas.ac.id:443/id/eprint/38516

Actions (login required)

View Item
View Item