Syamsari, Safirah Mujahidah (2024) PENGARUH INTERVENSI EDUKASI GIZI SEIMBANG TERHADAP PENGETAHUAN, EFIKASI DIRI, SIKAP DAN PRAKTIK GIZI SEIMBANG PADA REMAJA PUTRI DI PONDOK PESANTREN = EFFECTS OF BALANCED DIET EDUCATION ON KNOWLEDGE, SELF-EFFICACY, ATTITUDES AND PRACTICES OF BALANCED NUTRITION IN ADOLESCENT GIRLS IN ISLAMIC BOARDING SCHOOLS. Thesis thesis, Universitas Hasanuddin.
![[thumbnail of Cover]](/38384/1.hassmallThumbnailVersion/K042221006_tesis_11-09-2024%20cover1.png)

K042221006_tesis_11-09-2024 cover1.png
Download (396kB) | Preview
![[thumbnail of Bab 1-2]](/style/images/fileicons/text.png)
K042221006_tesis_11-09-2024 1-2(FILEminimizer).pdf
Download (1MB)
![[thumbnail of Dapus]](/style/images/fileicons/text.png)
K042221006_tesis_11-09-2024 dp(FILEminimizer).pdf
Download (1MB)
![[thumbnail of Full Text]](/style/images/fileicons/text.png)
K042221006_tesis_11-09-2024(FILEminimizer).pdf
Restricted to Repository staff only until 21 October 2026.
Download (2MB)
Abstract (Abstrak)
Latar Belakang: Remaja putri, khususnya yang bersekolah di pesantren, seringkali menunjukkan perilaku gizi yang kurang optimal. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui nilai pengaruh edukasi gizi seimbang terhadap pengetahuan, efikasi diri, sikap, dan praktik mengenai gizi seimbang pada remaja putri di pesantren. Metode: Penelitian ini merupakan penelitian studi kasus, dengan intervensi pre-test dan post-test di Pondok Pesantren Darul Khair Banggai, Sulawesi Tengah, Indonesia, pada 53 remaja putri. Intervensi dilakukan dengan pemberiaan leaflet dan ceramah dengan durasi ±45 menit/minggu selama 3 bulan. Pengukuran dilakukan pada 3 waktu yaitu baseline, midline, dan endline. Pengukuran midline dijadikan sebagai evaluasi proses intervensi dan untuk mengetahui responden yang membutuhkan konseling. Analisis statistik menggunakan IBM SPSS Statistics 26, analisis univariat untuk karakteristik responden, dan analisis bivariat dengan uji Friedman untuk mengevaluasi perubahan pengetahuan, efikasi diri, sikap, dan praktik mengenai gizi seimbang pada awal dan akhir intervensi, dengan mempertimbangkan nilai signifikansi p<0,05. Hasil: Mayoritas responden berusia 15-18 tahun (60,4%) dan berasal dari keluarga petani/nelayan (58,5%). Terdapat perubahan signifikan sebelum dan sesudah intervensi pada pengetahuan gizi seimbang (9.43±1.20 meningkat menjadi 14.89±0.32, p<0.001), efikasi diri gizi seimbang (7.19±2.30 meningkat menjadi 8.47±1.28, p=0.001), sikap gizi seimbang (10.25±1.98 meningkat menjadi 14.57±0.57, p<0,001), praktik gizi seimbang (33,62±4,90 meningkat hingga 41,62±3,56, p<0,001). Seluruh topik pada variabel pengetahuan dan sikap mengalami perubahan. Di sisi lain, beberapa topik pada variabel efikasi diri dan praktik tidak mengalami perubahan. Kesimpulan: Perilaku gizi remaja putri dapat ditingkatkan melalui pendidikan gizi dan konseling grup di sekolah.
Kata Kunci: Efikasi Diri, Gizi Seimbang, Pengetahuan, Praktik, Remaja Putri, Sikap Keywords: Adolescent girls, Attitude, Balanced Diet, Knowledge, Practice, Self-efficacy.
Item Type: | Thesis (Thesis) |
---|---|
Uncontrolled Keywords: | Adolescent girls, Attitude, Balansed Diet, Knowledge, Practice, Self-efficasy. |
Subjects: | R Medicine > R Medicine (General) |
Divisions (Program Studi): | Fakultas Kesehatan Masyarakat > Ilmu Gizi |
Depositing User: | S.Sos Rasman - |
Date Deposited: | 28 Oct 2024 02:06 |
Last Modified: | 28 Oct 2024 02:06 |
URI: | http://repository.unhas.ac.id:443/id/eprint/38384 |