STRATEGI DIVERSIFIKASI PEMASARAN DAN SEGMENTASI PASAR SEBAGAI UPAYA UNTUK MENINGKATKAN PENDAPATAN PADA HOTEL G = Diversification Marketing And Market Segmentation Strategy As An Effort To Increase Revenue At Hotel G


Haryanto, Susilo (2024) STRATEGI DIVERSIFIKASI PEMASARAN DAN SEGMENTASI PASAR SEBAGAI UPAYA UNTUK MENINGKATKAN PENDAPATAN PADA HOTEL G = Diversification Marketing And Market Segmentation Strategy As An Effort To Increase Revenue At Hotel G. Thesis thesis, Universitas Hasanuddin.

[thumbnail of Cover]
Preview
Image (Cover)
A012222081_tesis_27-08-2024 cover1.jpg

Download (202kB) | Preview
[thumbnail of Bab 1-2] Text (Bab 1-2)
A012222081_tesis_27-08-2024 bab1-2.pdf

Download (901kB)
[thumbnail of Dapus] Text (Dapus)
A012222081_tesis_27-08-2024 dp.pdf

Download (503kB)
[thumbnail of Full Text] Text (Full Text)
A012222081_tesis_27-08-2024.pdf
Restricted to Repository staff only until 14 August 2026.

Download (1MB)

Abstract (Abstrak)

Penelitian ini bertujuan menentukan strategi diversifikasi yang cocok bagi Hotel G yang terletak di kawasan wisata Candi Borobudur, dengan memanfaatkan pasar wisatawan domestik dan mancanegara yang terus bertumbuh. Penelitian dilakukan melalui pengumpulan data menggunakan wawancara dan kuesioner. Metode penelitian yang digunakan adalah rancangan deskriptif, yang terdiri dari tahap kuantitatif untuk mengukur skor variabel dan tahap kualitatif untuk menentukan strategi yang tepat berdasarkan hasil tersebut. Pada tahap input, analisis segmentasi, targeting, positioning (STP) dan marketing mix digunakan untuk menganalisa faktor internal. Sementara analisis lima kekuatan Porter digunakan untuk faktor eksternal. Pada tahap pencocokan, analisis SWOT digunakan untuk mengidentifikasi kekuatan, kelemahan, peluang, dan ancaman. Hasil analisis matriks Internal Factor Analysis Summary (IFAS) menunjukkan skor 5,57 dan matriks External Factor Analysis Summary (EFAS) menunjukkan skor 2,74, yang menempatkan Hotel G pada kuadran 8, yaitu strategi diversifikasi konglomerasi. Selanjutnya, beberapa alternatif strategi diversifikasi diidentifikasi melalui analisis matriks SWOT. Pada tahap keputusan, matriks Quantitative Strategic Planning Matrix (QSPM) digunakan untuk menentukan strategi yang paling sesuai berdasarkan prioritas dan potensi keberhasilan. Hasil penelitian ini diharapkan dapat memberikan panduan bagi Hotel G dalam mengembangkan strategi diversifikasi yang efektif untuk meningkatkan pendapatan di tengah persaingan industri perhotelan di kawasan wisata Candi Borobudur.

Kata kunci : STP, bauran pemasaran, SWOT, Matriks IFAS EFAS, QSPM

Item Type: Thesis (Thesis)
Uncontrolled Keywords: STP, marketing mix, SWOT, EFAS IFAS Matrix, QSPM
Subjects: H Social Sciences > HD Industries. Land use. Labor > HD28 Management. Industrial Management
Divisions (Program Studi): Fakultas Ekonomi > Manajemen
Depositing User: stfathirah s
Date Deposited: 15 Oct 2024 02:51
Last Modified: 15 Oct 2024 02:51
URI: http://repository.unhas.ac.id:443/id/eprint/38227

Actions (login required)

View Item
View Item