DESAIN DAN PENGGUNAAN ELEKTRONIK MODUL BERBASIS WEBSITE (E-dulab) TERHADAP PENGETAHUAN, SIKAP DAN KETERAMPILAN PRAKTIK LABORATORIUM ASUHAN KEBIDANAN KOMPLEMENTER = DESIGN AND USE OF ELECTRONIC WEBSITE-BASED MODULES (E-DULAB) ON KNOWLEDGE, ATTITUDE AND LABORATORY PRACTICAL SKILLS COMPLEMENTARY MIDWIFERY CARE


Malipi, Nur'ain K. (2024) DESAIN DAN PENGGUNAAN ELEKTRONIK MODUL BERBASIS WEBSITE (E-dulab) TERHADAP PENGETAHUAN, SIKAP DAN KETERAMPILAN PRAKTIK LABORATORIUM ASUHAN KEBIDANAN KOMPLEMENTER = DESIGN AND USE OF ELECTRONIC WEBSITE-BASED MODULES (E-DULAB) ON KNOWLEDGE, ATTITUDE AND LABORATORY PRACTICAL SKILLS COMPLEMENTARY MIDWIFERY CARE. Thesis thesis, Universitas Hasanuddin.

[thumbnail of Cover]
Preview
Image (Cover)
P102221026_tesis_01-08-2024 cover1.png

Download (347kB) | Preview
[thumbnail of Bab 1-2] Text (Bab 1-2)
P102221026_tesis_01-08-2024 1-2.pdf

Download (811kB)
[thumbnail of Dapus] Text (Dapus)
P102221026_tesis_01-08-2024 dp.pdf

Download (4MB)
[thumbnail of Full Text] Text (Full Text)
P102221026_tesis_01-08-2024.pdf
Restricted to Repository staff only until 2 October 2026.

Download (7MB)

Abstract (Abstrak)

NUR’AIN K. MALIPI. Desain dan Penggunaan Elektronik Modul Berbasis Website (E- dulab) terhadap Pengetahuan, Sikap dan Keterampilan Praktik Laboratorium Asuhan Kebidanan Komplementer (dibimbing Yusring Sanusi Baso dan Sharvianty Arifuddin).
Latar Belakang : Dalam era Teknologi Infomasi dan Komunikasi (TIK) yang maju sekarang ini, penggunaan sistem elektronik yang terintegrasi mengubah paradigma dunia pendidikan. Salah satu cara penting meningkatkan ketahanan sektor pendidikan dengan memasukkan lebih banyak metode pembelajaran. Kombinasi E-Learning dengan latihan praktik langsung lebih efektif dalam meningkatkan keterampilan prosedur praktik mahasiswa dibanding dengan E-Learning saja. Elektronik Modul salah satu komponen dalam E-Learning dengan penyampaian materi secara interaktif dan fleksibel. Pemanfaatan E-Modul mengintegrasikan berbagai jenis media, (teks, gambar, grafik, audio, visual) dapat menciptakan interaksi dua arah melibatkan penglihatan dan pendengaran sehingga mendorong mahasiswa berpartisipasi secara aktif, kreatif dan mandiri di laboratorium. Tujuan: Menghasilkan elektronik modul berbasis web (E-dulab) valid dan layak digunakan untuk meningkatkan pengetahuan, sikap dan kemampuan ketrampilan siswa terhadap praktik di laboratorium. Metode: Desain penelitian (R&D) dengan model pengembangan ADDIE untuk mengembangan dan memvalidasi produk Elektronik Modul (E-dulab) dan Pre-Experimental Design. Hasil : Pada uji coba kelompok media E-dulab pengoperasian nilai mean 4,5 dan standar deviasi 0,511. Kebermanfaatan mean 4,67 dan standar deviasi 0,482, serta penerimaan mean 4,29 dan standar deviasi 0,624. Sedangkan pada hasil Pre- Prenatal Yoga, Pada variable Pengetahuan nilai rata-rata negatif rank adalah 40.50, positif rank adalah 36.67,nilai signifikansi P adalah 0.000, kenaikan presentasi %5. Variabel sikap, nilai rata-rata negatif rank sebesar 38.52 dan positif rank sebesar 43.13, P=0.007, kenaikan persentasi 4,5%. Variabel keterampilan nilai rata-rata positif rank 52.50 dan tidak ada nilai negatif rank atau ties. Nilai P sebesar 0.000, kenaikan presentasi sebesar 32%. Pada pembelajaran Prenatal Massage Effleurage Prenatal Massage kelompok Pengetahuan, nilai rata-rata negatif rank 31.83, positif 42.71, Nilai P 0.000, kenaikan presentasi 6%. Variabel sikap nilai rata-rata negatif rank adalah 36.56, positif rank 35.82, nilai P sebesar 0.000, kenaikan presentasi 3%. Variabel keterampilan nilai rata-rata negatif rank 1.50 dan positif rank 50.49, nilai P=0.000, kenaikan presentasi 23%. Secara keseluruhan, hasil analisis ini menunjukkan bahwa intervensi yang dilakukan memiliki pengaruh yang signifikan pada pengetahuan, sikap, dan keterampilan para responden dalam pembelajaran asuhan kebidanan komplementer dengan dengan nilai P- Value < 0,05. Kesimpulan: Metode pembelajaran berbasis Website (E-dulab) Valid dan layak digunakan sebagai salah satu metode pembelajaran multimedia upaya meningkatkan pemahaman pengetahuan, memperkuat sikap serta kemampuan keterampilan praktik laboratorium asuhan kebidanan komplementer.

Kata kunci : Media Pembelajaran, Elektronik Modul, Website, Praktik Laboratorium

Item Type: Thesis (Thesis)
Uncontrolled Keywords: Learning Media, Electronic Module, Website, Laboratory Practice.
Subjects: R Medicine > RG Gynecology and obstetrics
Divisions (Program Studi): Program Pascasarjana > Ilmu Kebidanan
Depositing User: S.Sos Rasman -
Date Deposited: 24 Oct 2024 01:48
Last Modified: 24 Oct 2024 01:48
URI: http://repository.unhas.ac.id:443/id/eprint/38061

Actions (login required)

View Item
View Item