Prianto, Andri (2020) GAMBARAN EVALUASI NILAI PENGETAHUAN DAN SKILL BASIC LIFE SUPPORT (BLS) MAHASISWA PROGRAM STUDI NERS FAKULTAS KEPERAWATAN UNIVERSITAS HASANNUDIN. Skripsi thesis, Universitas Hasanuddin.
C12116014_skripsi_1.png
Download (131kB) | Preview
C12116014_skripsi_1-2.pdf
Download (866kB)
C12116014_skripsi_dp.pdf
Download (1MB)
C12116014_skripsi_.pdf
Restricted to Repository staff only
Download (2MB)
Abstract (Abstrak)
Latar belakang: Mahasiswa Program studi ners sebagai calon perawat harus memiliki pengetahuan dan skill yang baik dalam melakukan tindakan BLS, hal ini sangat penting karena tindakan BLS dilakukan untuk menolong korban dengan henti jantung baik dirumah sakit maupun diluar rumah sakit. Tujuan: Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui gambaran evaluasi nilai pengetahuan dan skill BLS oleh mahasiswa program studi ners fakultas keperawatan universitas hasanuddin saat mengikuti pelatihan dan durasi pasca pelatihan. Metode: Penelitian ini menggunakan metode deskriptif. Instrumen yang digunakan adalah kuisioner pertanyaan untuk menilai pengetahuan dan lembar observasi untuk melihat nilai skill. Sampel pada penelitian ini berjumlah 47 responden mahasiswa yang sedang menjalani pofesi ners yang terdiri dari angkatan 2019 dan 2020. Hasil: Pada penelitian ini diperoleh hasil yaitu evaluasi nilai pengetahuan dan skill BLS mahasiswa program studi ners mengalami penurunan pasca pelatihan dengan nilai rata-rata pengetahuan dari ±97,64 menjadi ±75,30 dan nilai rata-rata skill dari ±89,62 menjadi ±79,80. Kesimpulan dan Saran: Disimpulkan bahwa adanya penurunan nilai pengetahuan dan skill BLS mahasiswa program studi ners yang menunjukkan mahasiswa tidak meriview kembali materi mengenai BLS. Sehingga mahasiswa perlu meriview materi mengenai BLS agar selalau mengingat kembali materi yang telah didapatkan sebelumnya minimal 3 bulan.
Item Type: | Thesis (Skripsi) |
---|---|
Subjects: | R Medicine > R Medicine (General) |
Depositing User: | Nasyir Nompo |
Date Deposited: | 18 Mar 2021 03:28 |
Last Modified: | 06 Nov 2024 04:50 |
URI: | http://repository.unhas.ac.id:443/id/eprint/3765 |