Syarifuddin, Andi Jumarni (2023) Strategi Media Branding Pengembangan Sektor Pariwisata Bahari Kota Makassar (Studi Kasus Pulau Samalona, Kecamatan Mariso). Skripsi thesis, Universitas Hasanuddin.
L041191065_skripsi_02-01-2024 cover1.png
Download (108kB) | Preview
L041191065_skripsi_02-01-2024 1-2.pdf
Download (690kB)
L041191065_skripsi_02-01-2024 dp.pdf
Download (1MB)
L041191065_skripsi_02-01-2024.pdf
Restricted to Repository staff only
Download (3MB)
Abstract (Abstrak)
Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui strategi media branding yang dilakukan oleh dinas terkait dalam hal ini adalah Dinas Pariwisata Kota Makassar dalam pengembangan sektor pariwisata bahari Kota Makassar serta mengetahui bagaimana persepsi masyarakat Pulau Samalona terhadap strategi media branding. Jenis penelitian ini termasuk penelitian deskriptif kualitatif. Teknik pengambilan data menggunakan observasi, wawancara, dokumentasi, studi pustaka. Metode pengambilan sampel ini menggunakan teknik purposive sampling. Hasil analisis menunjukkan bahwa strategi media branding yang dilakukan Dinas Pariwisata Kota Makassar berupa (a) Perumusan kebijakan berupa pembangunan fisik, (b) Penetapan tujuan tahunan yaitu diharapkan dengan branding ini dapat meningkatkan kunjungan wisatawan ke Pulau Samalona, (c) Fasilitasi dengan cara Dinas Pariwisata Kota Makassar membantu mempromosikan Pulau Samalona melalui akun resmi Dinas Pariwisata Kota Makassar, (d) Mediasi, (e) Inisiasi berupa penataan sebelum melakukan branding, dan (f) Alokasi sumber daya dengan melakukan pelatihan untuk kelompok yang ada di Pulau Samalona.
Item Type: | Thesis (Skripsi) |
---|---|
Subjects: | S Agriculture > SH Aquaculture. Fisheries. Angling |
Divisions (Program Studi): | Fakultas Ilmu Kelautan dan Perikanan > Sosek Perikanan |
Depositing User: | Nasyir Nompo |
Date Deposited: | 17 Sep 2024 02:59 |
Last Modified: | 17 Sep 2024 02:59 |
URI: | http://repository.unhas.ac.id:443/id/eprint/37488 |