Strategi Perdagangan Ikan Asin dengan Media Sosial/Online(Studi Kasus UKM Daeng Dagang dan Luvy Shop Kuliner Kota Makassar


Nuramna, Nuramna (2023) Strategi Perdagangan Ikan Asin dengan Media Sosial/Online(Studi Kasus UKM Daeng Dagang dan Luvy Shop Kuliner Kota Makassar. Skripsi thesis, Universitas Hasanuddin.

[thumbnail of L041191072_skripsi_02-01-2024 cover1.png]
Preview
Image
L041191072_skripsi_02-01-2024 cover1.png

Download (180kB) | Preview
[thumbnail of L041191072_skripsi_02-01-2024 1-2.pdf] Text
L041191072_skripsi_02-01-2024 1-2.pdf

Download (1MB)
[thumbnail of L041191072_skripsi_02-01-2024 dp.pdf] Text
L041191072_skripsi_02-01-2024 dp.pdf

Download (2MB)
[thumbnail of L041191072_skripsi_02-01-2024.pdf] Text
L041191072_skripsi_02-01-2024.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (4MB)

Abstract (Abstrak)

Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui potensi dan permasalahan pedagang ikan asin dalam memasarkan produknya dengan media sosial/online dan menyusun strategi pedagang ikan asin dalam pengembangan pemasaran produk dengan media sosial/online pada UKM Daeng Dagang dan Luvy Shop Kuliner Makassar. Jenis penelitian ini termasuk penelitian deskriptif kualitatif. Teknik pengambilan data menggunakan observasi, wawancara dan dokumentasi. Untuk observasi dengan menganalisis kegiatan pemasaran ikan asin dengan menggunakan media sosial/online sedangkan untuk mengetahui potensi dan permasalahan perdagangan ikan asin dengan media sosial/online dengan menggunakan pedoman wawancara. Hasil analisis kesesuaian menunjukkan bahwa UKM Daeng Dagang dan Luvy Shop Kuliner Makassar termasuk dalam kategori toko online terkenal di kota Makassar. Hasil alternatif strategi (SO) yaitu melakukan evaluasi sosial media, mengelompokkan produk berdasarkan jenis kategori, mengadakan voucher potongan harga dengan minimal belanja. Selanjutnya, hasil alternatif strategi (WO) yaitu mengoptimalkan promosi produk jualan, melengkapi produk jualan yang kurang lengkap, memanfaatkan semaksimal mungkin media sosial sebagai media promosi produk dan menyediakan tempat strategis yang mudah di jangkau oleh konsumen. Kemudian hasil alternatif strategi (ST) yaitu lebih memperhatikan riwayat pengiriman orderan, dan melakukan promosi produk dengan testimony yang real. Selanjutnya hasil alternatif (WT) yaitu mendikripsikan produk secara lengkap detail, memperbanyak testimoni serta review produk dengan tetap memperhatikan kebijakan platform dan menerapkan garansi pada produk jualan.

Item Type: Thesis (Skripsi)
Subjects: S Agriculture > SH Aquaculture. Fisheries. Angling
Divisions (Program Studi): Fakultas Ilmu Kelautan dan Perikanan > Pemanfaatan Sumberdaya Perikanan
Depositing User: Nasyir Nompo
Date Deposited: 12 Sep 2024 06:25
Last Modified: 12 Sep 2024 06:25
URI: http://repository.unhas.ac.id:443/id/eprint/37426

Actions (login required)

View Item
View Item