Nuramna, Nuramna (2023) Strategi Perdagangan Ikan Asin dengan Media Sosial/Online(Studi Kasus UKM Daeng Dagang dan Luvy Shop Kuliner Kota Makassar. Skripsi thesis, Universitas Hasanuddin.
L041191072_skripsi_02-01-2024 cover1.png
Download (180kB) | Preview
L041191072_skripsi_02-01-2024 1-2.pdf
Download (1MB)
L041191072_skripsi_02-01-2024 dp.pdf
Download (2MB)
L041191072_skripsi_02-01-2024.pdf
Restricted to Repository staff only
Download (4MB)
Abstract (Abstrak)
Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui potensi dan permasalahan pedagang ikan asin dalam memasarkan produknya dengan media sosial/online dan menyusun strategi pedagang ikan asin dalam pengembangan pemasaran produk dengan media sosial/online pada UKM Daeng Dagang dan Luvy Shop Kuliner Makassar. Jenis penelitian ini termasuk penelitian deskriptif kualitatif. Teknik pengambilan data menggunakan observasi, wawancara dan dokumentasi. Untuk observasi dengan menganalisis kegiatan pemasaran ikan asin dengan menggunakan media sosial/online sedangkan untuk mengetahui potensi dan permasalahan perdagangan ikan asin dengan media sosial/online dengan menggunakan pedoman wawancara. Hasil analisis kesesuaian menunjukkan bahwa UKM Daeng Dagang dan Luvy Shop Kuliner Makassar termasuk dalam kategori toko online terkenal di kota Makassar. Hasil alternatif strategi (SO) yaitu melakukan evaluasi sosial media, mengelompokkan produk berdasarkan jenis kategori, mengadakan voucher potongan harga dengan minimal belanja. Selanjutnya, hasil alternatif strategi (WO) yaitu mengoptimalkan promosi produk jualan, melengkapi produk jualan yang kurang lengkap, memanfaatkan semaksimal mungkin media sosial sebagai media promosi produk dan menyediakan tempat strategis yang mudah di jangkau oleh konsumen. Kemudian hasil alternatif strategi (ST) yaitu lebih memperhatikan riwayat pengiriman orderan, dan melakukan promosi produk dengan testimony yang real. Selanjutnya hasil alternatif (WT) yaitu mendikripsikan produk secara lengkap detail, memperbanyak testimoni serta review produk dengan tetap memperhatikan kebijakan platform dan menerapkan garansi pada produk jualan.
Item Type: | Thesis (Skripsi) |
---|---|
Subjects: | S Agriculture > SH Aquaculture. Fisheries. Angling |
Divisions (Program Studi): | Fakultas Ilmu Kelautan dan Perikanan > Pemanfaatan Sumberdaya Perikanan |
Depositing User: | Nasyir Nompo |
Date Deposited: | 12 Sep 2024 06:25 |
Last Modified: | 12 Sep 2024 06:25 |
URI: | http://repository.unhas.ac.id:443/id/eprint/37426 |