Roisah, Umi (2024) Hubungan Kualitas Pelayanan dan Kepuasan Pasien terhadap Loyalitas Pasien Rawat Inap Rumah Sakit Unhas Kota Makassar. Skripsi thesis, Universitas Hasanuddin.
K011181068_skripsi_05-07-2024 cover1.png
Download (288kB) | Preview
K011181068_skripsi_05-07-2024 1-2.pdf
Download (743kB)
K011181068_skripsi_05-07-2024 dp.pdf
Download (1MB)
K011181068_skripsi_05-07-2024.pdf
Restricted to Repository staff only until 31 January 2026.
Download (2MB)
Abstract (Abstrak)
Latar belakang. Kualitas pelayanan yang baik merupakan hal penting dalam meningkatkan mutu pelayanan suatu instansi kesehatan. Pelayanan adalah sebuah upaya yang dilakukan karyawan untuk memenuhi keinginan pelanggan dengan jasa yang akan diberikan. Jika pasien mendapatkan pelayanan yang baik maka pasien akan merasa puas dengan pelayanan yang mereka peroleh, dan pasien akan loyal untuk menggunakan jasa pelayanan instansi kesehatan tersebut. Tujuan. Untuk melihat hubungan kualitas pelayanan dan kepuasan pasien terhadap loyalitas pasien di Instalasi Rawat Inap Rumah Sakit Unhas Kota Makassar. Metode: Penelitian menggunakan pendekatan kuantitatif dengan pendekatan cross sectional. Populasi dalam penelitian ini adalah pasien umum rawat inap pada bulan November-Januari Tahun 2023. Besar sampel adalah 57 orang. Sampel diperoleh dengan proportional sampling. Instrumen menggunakan kuesioner Hasil: Hasil penelitian menunjukkan bahwa kualitas pelayanan mayoritas responden mendapatkan kualitas pelayanan yang baik yaitu sebanyak 31 responden (54.4%), sedangkan yang mendapatkan kualitas pelayanan yang tidak baik sebanyak 26 responden (45.6%). Pada kepuasan pasien menunjukkan bahwa sebagian besar responden puas dengan pelayanan yang diberikan yaitu sebanyak 42 responden (73.3%), sedangkan yang tidak puas sebanyak 15 responden (26.3%). Dan loyalitas pasien menunjukkan bahwa sebagian besar responden dengan loyalitas tinggi terhadap pelayanan yang diberikan oleh Instalasi Rawat Inap Rumah Sakit Unhas yaitu sebanyak 45 responden (78.9%), sedangkan responden yang menyatakan loyalitas rendah sebanyak 12 responden (21.1%). Kesimpulan: Tidak terdapat hubungan antara kualitas pelayanan tentang responsiveness, assurance, dan tangible dengan loyalitas pasien Rawat Inap di RS Unhas Kota Makassar dan terdapat hubungan antara kualitas pelayanan tentang emphaty dan reliable, serta kepuasan pasien dengan loyalitas pasien Rawat Inap di RS Unhas Kota Makassar.
Item Type: | Thesis (Skripsi) |
---|---|
Uncontrolled Keywords: | Kualitas Pelayanan, Kepuasan Pasien, Loyalitas Pasien |
Subjects: | R Medicine > RK Dentistry |
Divisions (Program Studi): | Fakultas Kesehatan Masyarakat > Kesehatan Masyarakat |
Depositing User: | S.I.P Zohrah Djohan |
Date Deposited: | 10 Sep 2024 23:51 |
Last Modified: | 10 Sep 2024 23:51 |
URI: | http://repository.unhas.ac.id:443/id/eprint/37309 |