STRATEGI PENGEMBANGAN LAYANAN DAYCARE KOPERASI BAJI ARTHA = BAJI ARTHA COOPERATIVE DAYCARE SERVICE DEVELOPMENT STRATEGY


Iriani, Hilda (2024) STRATEGI PENGEMBANGAN LAYANAN DAYCARE KOPERASI BAJI ARTHA = BAJI ARTHA COOPERATIVE DAYCARE SERVICE DEVELOPMENT STRATEGY. Thesis thesis, Universitas Hasanuddin.

[thumbnail of COVER]
Preview
Image (COVER)
A012222125_tesis_19-08-2024 cover1.jpg

Download (236kB) | Preview
[thumbnail of BAB 1-2] Text (BAB 1-2)
A012222125_tesis_19-08-2024 bab I-II.pdf

Download (3MB)
[thumbnail of DAPUS] Text (DAPUS)
A012222125_tesis_19-08-2024 dp.pdf

Download (1MB)
[thumbnail of FULL TEXT] Text (FULL TEXT)
A012222125_tesis_19-08-2024.pdf
Restricted to Repository staff only until 2 July 2026.

Download (4MB)

Abstract (Abstrak)

Daycare menawarkan berbagai program yang dirancang untuk mendukung pertumbuhan dan pengembangan anak sesuai dengan usia mereka. Program ini biasanya mencakup kegiatan belajar, bermain, dan istirahat yang terstruktur dengan baik, memberikan lingkungan yang aman dan merangsang perkembangan sosial, emosional, fisik, dan kognitif anak. Tujuan dari penelitian ini yakni untuk menganalisis dan mendeskripsikan alternatif strategi yang diterapkan oleh Koperasi Baji Artha dalam pengembangan layanan daycare. Penelitian ini bertujuan untuk mengidentifikasi langkah-langkah dan pendekatan yang digunakan koperasi dalam memberikan layanan yang optimal kepada anggotanya serta menemukan dan mengembangkan strategi yang paling efektif dalam layanan daycare berdasarkan analisis QSPM.
Penelitian ini menggunakan analisis kualitatif dan kuantitatif. Observasi dan Focus Group Discussion (FGD) digunakan untuk analisis internal, menghasilkan Matriks Internal Factor Evaluation (IFE). PESTLE Analysis dan Porter’s 5 Forces Model digunakan untuk analisis eksternal, menghasilkan Matriks External Factor Evaluation (EFE). Kedua hasil ini digabungkan dalam Matriks Internal-Eksternal (IE), diikuti oleh analisis SWOT dan Analisis Quantitative Strategic Planning Matrix (QSPM) untuk merumuskan dan memprioritaskan strategi pemasaran.
Berdasarkan hasil analisis faktor internal dan external yang kemudian diolah dalam analisis IFE dan EFE dapat disimpulkan posisi Daycare Koperasi Baji Artha berada di kuadran 6 pada matriks IE yang berarti perlu untuk melakukan diverensiasi. Di samping itu, hasil analisis swot menunjukkan bahwa posisi pertumbuhan Daycare Koperasi Baji Artha berada pada kuadran 1 (pertumbuhan) matriks kartesius yang berarti Daycare Koperasi Baji Artha memiliki cukup kekuatan untuk memanfaatkan peluang yang tersedia. Lebih lanjut, hasil QSPM menunjukkan terdapat setidaknya 12 alternatef strategi pertumbuhan yang dapat diterapkan oleh Daycare Koperasi Baji Artha.

Item Type: Thesis (Thesis)
Uncontrolled Keywords: SWOT, QSPM, Strategi Bisinis
Subjects: H Social Sciences > HB Economic Theory
Divisions (Program Studi): Fakultas Ekonomi > Manajemen
Depositing User: Unnamed user with username pkl
Date Deposited: 10 Sep 2024 05:53
Last Modified: 10 Sep 2024 05:53
URI: http://repository.unhas.ac.id:443/id/eprint/37251

Actions (login required)

View Item
View Item