PENINGKATAN KEMAMPUAN SISWA SMA NEGERI 4 KOTA PALU DALAM MENULIS RESENSI FILM LASKAR PELANGI MELALUI MODEL DISCOVERY LEARNING


H. Mohammad, Rahma Rositha (2021) PENINGKATAN KEMAMPUAN SISWA SMA NEGERI 4 KOTA PALU DALAM MENULIS RESENSI FILM LASKAR PELANGI MELALUI MODEL DISCOVERY LEARNING. Thesis thesis, Universitas Hasanuddin.

[thumbnail of Cover]
Preview
Image (Cover)
F032182001_tesis Cover1.png

Download (101kB) | Preview
[thumbnail of BAB I & II] Text (BAB I & II)
F032182001_tesis I & II.pdf

Download (566kB)
[thumbnail of Daftar Pustaka] Text (Daftar Pustaka)
F032182001_tesis DP.pdf

Download (806kB)
[thumbnail of Full Text] Text (Full Text)
F032182001_tesis.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (1MB)

Abstract (Abstrak)

Rahma Rositha. Peningkatan Kemampuan Siswa SMA Negeri 4 Kota Palu dalam Menulis Resensi Film Laskar Pelangi Melalui Model Discovery Learning (dibimbing oleh Tadjuddin Maknun dan Inriati Lewa).

Penelitian ini bertujuan (1) menjelaskan efektivitas pembelajaran menulis resensi film Laskar Pelangi melalui model discovery learning dan (2) menjelaskan hasil peningkatan kemampuan siswa dalam menulis resensi film Laskar Pelangi melalui model discovery learning.
Jenis penelitian yang digunakan ialah penelitian tindakan kelas (PTK) dengan model discovery learning. Dalam penelitian ini diterapkan dua siklus selama proses pembelajaran. Data dianalisis secara kualitatif dan kuantitatif.
Hasil penelitian menunjukkan bahwa terdapat peningkatan hasil belajar siswa selama pembelajaran menulis resensi film Laskar Pelangi melalui model discovery learning. Hasil belajar pada siklus I diperoleh nilai
78,51 dan pada siklus II mencapai nilai 83,78. Peningkatan hasil belajar ketuntasan secara klasikal, yaitu 21,19%. Pembelajaran menulis resensi film Laskar Pelangi melalui model discovery learning membuktikan bahwa ketuntasan belajar untuk meningkatkan kompetensi siswa dalam menulis resensi film Laskar Pelangi telah mencapai KKM yang ditetapkan, yaitu
70%. Dengan demikian, pembelajaran model discovery learning efektif dan hasilnya cukup baik dibandingkan dengan pembelajaran metode konvensional.

Item Type: Thesis (Thesis)
Subjects: P Language and Literature > PN Literature (General)
P Language and Literature > PN Literature (General) > PN2000 Dramatic representation. The Theater
Divisions (Program Studi): Fakultas Ilmu Budaya > Sastra Indonesia
Depositing User: wahyuni aras
Date Deposited: 18 Mar 2021 03:12
Last Modified: 18 Mar 2021 03:12
URI: http://repository.unhas.ac.id:443/id/eprint/3719

Actions (login required)

View Item
View Item