PERLINDUNGAN KONSUMEN ATAS JANJI HADIAH OLEH PT GRAB TEKNOLOGI INDONESIA


Amanda, Stella (2024) PERLINDUNGAN KONSUMEN ATAS JANJI HADIAH OLEH PT GRAB TEKNOLOGI INDONESIA. Skripsi thesis, Universitas Hasanuddin.

[thumbnail of Cover]
Preview
Image (Cover)
B011191194_skripsi_29-01-2024 cover1.png

Download (147kB) | Preview
[thumbnail of Bab 1-2] Text (Bab 1-2)
B011191194_skripsi_29-01-2024 1-2.pdf

Download (1MB)
[thumbnail of Dapus] Text (Dapus)
B011191194_skripsi_29-01-2024 dp.pdf

Download (455kB)
[thumbnail of Full Text] Text (Full Text)
B011191194_skripsi_29-01-2024.pdf
Restricted to Repository staff only until 1 January 2026.

Download (1MB)

Abstract (Abstrak)

STELLA AMANDA (B011191194) dengan judul “Perlindungan Konsumen Atas janji Hadiah Oleh PT Grab Teknologi Indonesia”. Dibimbing oleh Sakka Pati sebagai pembimbing utama dan Marwah sebagai pembimbing pendamping.

Penelitian ini bertujuan untuk menguraikan kekuatan mengikat atas janji hadiah oleh PT Grab Teknologi Indonesia kepada pengguna jasa serta menguraikan upaya hukum pengguna jasa atas janji hadiah oleh PT Grab Teknologi Indonesia dalam lingkup perlindungan konsumen.

Penelitian yang dilakukan merupakan tipe penelitian empiris. Teknik pengumpulan data yang digunakan ialah penelitian lapangan untuk mendapatkan gambaran tentang peristiwa hukum yang diperoleh dan penelitian studi kepustakaan. Penelitian lapangan diperoleh melalui wawancara, sedangkan penelitian studi kepustakaan diperoleh dari buku-buku, jurnal, internet, undang-undang, dan beberapa literatur lain untuk membangun konklusi yang jelas dan terarah sehingga mampu menjawab permasalahan dalam penelitian ini.

Adapun hasil penelitian ini menunjukkan bahwa (1) Kekuatan mengikat atas janji hadiah oleh Grab yakni perikatan dari perjanjian challange yang menuntut baik Grab maupun pengguna untuk melaksanakan hak dan kewajiban seperti undang-undang bagi mereka yang bersepakat di dalamnya dengan mengindahkan syarat sahnya perjanjian karena perjanjian yang sah akan mempunyai konsekuensi hukum yang mengikat para pihak sehingga Grab yang tidak memenuhi janji atas hadiah kepada pengguna dapat digugat berdasarkan tuntutan wanprestasi. (2) Upaya hukum pengguna jasa yang tidak mendapatkan hadiah setelah berhasil mengikuti challenge dapat diselesaikan melalui Badan Arbitrase Nasional Indonesia (BANI) dan bukan melalui pengadilan maupun BPSK.

Item Type: Thesis (Skripsi)
Uncontrolled Keywords: Grab, Hadiah, Perlindungan Konsumen.
Subjects: K Law > K Law (General)
Divisions (Program Studi): Fakultas Hukum > Ilmu Hukum
Depositing User: S.I.P Zohrah Djohan
Date Deposited: 02 Sep 2024 02:04
Last Modified: 02 Sep 2024 02:04
URI: http://repository.unhas.ac.id:443/id/eprint/36796

Actions (login required)

View Item
View Item