Analisis Penerapan Bauran Pemasaran Produk Peternakan The Frozen Food Makassar (Studi Kasus) = Analysis of the Application of Marketing Mix of The Frozen Food Makassar Livestock Products (Case Study)


Khalisah, Nurul (2024) Analisis Penerapan Bauran Pemasaran Produk Peternakan The Frozen Food Makassar (Studi Kasus) = Analysis of the Application of Marketing Mix of The Frozen Food Makassar Livestock Products (Case Study). Skripsi thesis, Universitas Hasanuddin.

[thumbnail of Cover]
Preview
Image (Cover)
I011201285_skripsi_03-07-2024 cover1.png

Download (120kB) | Preview
[thumbnail of Bab 1-2] Text (Bab 1-2)
I011201285_skripsi_03-07-2024 1-2.pdf

Download (1MB)
[thumbnail of Dapus] Text (Dapus)
I011201285_skripsi_03-07-2024 dp.pdf

Download (2MB)
[thumbnail of Full Text] Text (Full Text)
I011201285_skripsi_03-07-2024.pdf
Restricted to Repository staff only until 2 September 2026.

Download (4MB)

Abstract (Abstrak)

Industri frozen food sedang berkembang pesat, termasuk di Kota Makassar dengan hadirnya toko The Frozen Food Makassar yang menawarkan berbagai produk peternakan beku seperti daging ayam, daging sapi, sosis, nugget, dan bakso.
Penelitian ini bertujuan untuk menganalisis penerapan bauran pemasaran pada produk yang dijual oleh The Frozen Food Makassar, dengan fokus pada pemilik toko serta melibatkan seorang karyawan di bagian pemasaran dan branding, seorang karyawan operasional, dan sepuluh konsumen. Metode yang digunakan adalah deskriptif kualitatif, mengumpulkan data dari sumber primer dan sekunder melalui studi lapangan dan pustaka, dan menggunakan analisis data deskriptif kualitatif dengan variabel penelitian bauran pemasaran 7P, yang meliputi strategi produk, harga, tempat, promosi, orang, bukti fisik, dan proses. Hasil penelitian menunjukkan The Frozen Food Makassar menerapkan marketing mix 7P secara efektif. Produk dijamin kualitasnya melalui pengecekan rutin, dan dikemas dengan baik serta memiliki sertifikasi halal. Harga ditetapkan dengan menambahkan 10% dari harga beli, dan lokasi strategis dipilih untuk memudahkan akses konsumen serta mendukung distribusi maksimal. Promosi dilakukan secara offline dan online, dengan Instagram dan WhatsApp sebagai platform utama. Semua karyawan berperan dalam pemasaran produk dengan pelayanan yang baik, ramah, dan responsif. Sarana dan prasarana toko lengkap meskipun tata letaknya perlu dioptimalkan. Proses transaksi mudah dipahami dengan berbagai metode pembayaran. Secara keseluruhan, The Frozen Food Makassar berhasil menerapkan bauran pemasaran 7P untuk meningkatkan penjualan dan memenuhi kebutuhan konsumen.

Keywords : bauran pemasaran, produk peternakan, frozen food.

Item Type: Thesis (Skripsi)
Uncontrolled Keywords: Marketing mix, livestock products, frozen food.
Subjects: Q Science > Q Science (General)
Divisions (Program Studi): Fakultas Peternakan > Peternakan
Depositing User: S.Sos Rasman -
Date Deposited: 05 Sep 2024 00:51
Last Modified: 05 Sep 2024 00:51
URI: http://repository.unhas.ac.id:443/id/eprint/36795

Actions (login required)

View Item
View Item