Gambaran Kepuasan Pelayanan Kesehatan Gigi Dan Mulut Pasien Badan Penyelenggara Jaminan Sosial Di Rumah Sakit Gigi Dan Mulut Pendidikan Universitas Hasanuddin


Dwananda Zahwa, Dias (2023) Gambaran Kepuasan Pelayanan Kesehatan Gigi Dan Mulut Pasien Badan Penyelenggara Jaminan Sosial Di Rumah Sakit Gigi Dan Mulut Pendidikan Universitas Hasanuddin. Skripsi thesis, Universitas Hasanuddin.

[thumbnail of J011191008_skripsi_15-12-2023 cover1.png]
Preview
Image
J011191008_skripsi_15-12-2023 cover1.png

Download (178kB) | Preview
[thumbnail of J011191008_skripsi_15-12-2023 1-2.pdf] Text
J011191008_skripsi_15-12-2023 1-2.pdf

Download (913kB)
[thumbnail of J011191008_skripsi_15-12-2023 dp.pdf] Text
J011191008_skripsi_15-12-2023 dp.pdf

Download (617kB)
[thumbnail of J011191008_skripsi_15-12-2023.pdf] Text
J011191008_skripsi_15-12-2023.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (1MB)

Abstract (Abstrak)

Latar Belakang: Asuransi kesehatan dapat berperan sebagai salah satu instrumen pembiayaan yang dapat mencapai tujuan univerisal health coverage. Negara membuat program Jaminan Kesehatan Nasional (JKN) melalui Badan Penyelenggara Jaminan Sosial (BPJS) untuk seluruh rakyat Indonesia. Berdasarkan data dari BPJS Makassar Tahun 2020, di Makassar jumlah penduduk 1.475.684 jiwa dan yang sudah terdaftar sebagai Peserta BPJS sebanyak 1.370.683 jiwa (92,88%). Di Makassar ditemukan beberapa kendala atau masalah dalam implementasi program JKN. Kurangnya sosialisasi tentang program BPJS berdampak buruk terhadap sebagian masyarakat belum memahami mekanisme pelayanan program BPJS sehingga masyarakat menilai pelayanan BPJS masih kurang baik. Tujuan: Untuk mengetahui kepuasan pelayanan kesehatan gigi dan mulut pasien BPJS di RSGMP Universitas Hasanuddin. Metode: Jenis penelitian yang digunakan adalah deskriptif observasional dengan desain cross-sectional study. Populasi adalah pasien BPJS di RSGMP Universitas Hasanuddin sebanyak 4693 pasien. Teknik pengambilan sampel pada penelitian ini menggunakan teknik random sampling dengan besar sampel 384 orang. Analisis data yang digunakan adalah analisis univariat. Hasil: Mayoritas usia responden 13 – 44 tahun (77,6%) berjenis kelamin perempuan (65,4%). Nilai rata-rata kepuasan pelayanan kesehatan gigi dan mulut pasien BPJS di RSGMP Universitas Hasanuddin adalah 3,29. Kesimpulan: Pelayanan kesehatan gigi dan mulut pasien BPJS di RSGMP Universitas Hasanuddin mendapatkan tingkat kepuasan sangat tinggi. Namun, juga ada beberapa dimensi yang mendapatkan ketidakpuasan.

Item Type: Thesis (Skripsi)
Subjects: R Medicine > R Medicine (General)
Divisions (Program Studi): Fakultas Pendidikan Dokter Gigi > Pendidikan Dokter Gigi
Depositing User: Nasyir Nompo
Date Deposited: 04 Sep 2024 06:20
Last Modified: 04 Sep 2024 06:20
URI: http://repository.unhas.ac.id:443/id/eprint/36735

Actions (login required)

View Item
View Item