IMPLEMENTASI PEMBELAJARAN BERDIFERENSIASI DALAM PEMAHAMAN MEMBACA: SEBUAH STUDI DI SMPN 30 MAKASSAR = THE IMPLEMENTATION OF DIFFERENTIATED INSTRUCTION IN READING COMPREHENSION: A STUDY AT SMPN 30 MAKASSAR


Ariyani, Farida (2024) IMPLEMENTASI PEMBELAJARAN BERDIFERENSIASI DALAM PEMAHAMAN MEMBACA: SEBUAH STUDI DI SMPN 30 MAKASSAR = THE IMPLEMENTATION OF DIFFERENTIATED INSTRUCTION IN READING COMPREHENSION: A STUDY AT SMPN 30 MAKASSAR. Thesis thesis, Universitas Hasanuddin.

[thumbnail of Cover]
Preview
Image (Cover)
F022221020_tesis_08-07-2024 cover1.png

Download (161kB) | Preview
[thumbnail of Bab 1-2] Text (Bab 1-2)
F022221020_tesis_08-07-2024 1-2.pdf

Download (1MB)
[thumbnail of Dapus] Text (Dapus)
F022221020_tesis_08-07-2024 dp.pdf

Download (933kB)
[thumbnail of Full Text] Text (Full Text)
F022221020_tesis_08-07-2024.pdf
Restricted to Repository staff only until 29 August 2026.

Download (1MB)

Abstract (Abstrak)

FARIDA ARIYANI. Implementasi Pembelajaran Berdiferensiasi dalam Pemahaman Membaca: Sebuah Studi di SMPN 30 Makassar (Dibimbing oleh Abidin Pammu dan Nasmilah).
Tujuan dari penelitian ini adalah untuk (1) menjelaskan bagaimana pembelajaran berdiferensiasi dalam pemahaman membaca diterapkan di SMPN 30 Makassar dan (2) mencari tahu persepsi siswa mengenai pemahaman membaca mereka setelah diajar menggunakan pembelajaran berdiferensiasi. Penelitian ini menggunakan pendekatan kualitatif dalam mengumpulkan data tentang penerapan dan persepsi siswa pada pemahaman membaca mereka setelah diajar menggunakan pembelajaran berdiferensiasi di SMPN 30 Makassar. Pengumpulan data dilakukan melalui observasi kelas dan wawancara. Kemudian, data tersebut dianalisis berdasarkan kerangka analisis percakapan. Analisis data menunjukkan bahwa penerapan pembelajaran berdiferensiasi dalam pemahaman membaca melibatkan: (1) apersepsi, (2) komponen pembelajaran yang dibedakan, dan (3) refleksi. Temuan-temuan ini menggarisbawahi efektivitas pengajaran berdiferensiasi pada pemahaman membaca, dan menganjurkan penerapannya secara berkelanjutan untuk mengoptimalkan hasil belajar siswa. Selain itu, persepsi siswa tentang pemahaman membaca siswa setelah diajar menggunakan pembelajaran berdiferensiasi secara tersirat dikategorikan positif: (1) penilaian kebutuhan siswa: (a) penilaian formatif, (b) koreksi pengucapan, dan (c) pendekatan perancah, (2) tugas berjenjang, dan (2) sikap positif. Temuan ini menyiratkan bahwa pembelajaran berdiferensiasi dirasakan secara positif oleh siswa di SMPN 30 Makassar, meningkatkan keterlibatan, efektivitas, dan personalisasi dalam pemahaman membaca.

Kata Kunci: Pembelajaran diferensiasi, pemahaman bacaan.

Item Type: Thesis (Thesis)
Uncontrolled Keywords: Differentiated Instruction, Reading comprehension.
Subjects: P Language and Literature > PR English literature
Divisions (Program Studi): Fakultas Ilmu Budaya > Bahasa Inggris
Depositing User: S.Sos Rasman -
Date Deposited: 02 Sep 2024 06:04
Last Modified: 02 Sep 2024 06:04
URI: http://repository.unhas.ac.id:443/id/eprint/36644

Actions (login required)

View Item
View Item