Sarina, Eka (2024) PENGARUH MODEL EDUKASI TERHADAP PERSEPSI IBU HAMIL DAN PELAKSANAAN INISIASI MENYUSU DINI = EFFECT OF EDUCATION MODEL ON PREGNANT WOMEN’S PERCEPTION AND IMPLEMENTATION OF EARLY BREASTFEEDING INITIATION. Thesis thesis, Universitas Hasanuddin.
P102212025_tesis_27-08-2024 cover1.jpg
Download (280kB) | Preview
P102212025_tesis_27-08-2024 bab 1-2.pdf
Download (2MB)
P102212025_tesis_27-08-2024 dp.pdf
Download (2MB)
P102212025_tesis_27-08-2024.pdf
Restricted to Repository staff only until 7 August 2026.
Download (5MB)
Abstract (Abstrak)
EKA SARINA. Pengaruh model edukasi terhadap persepsi ibu hamil dan pelaksanaan Inisiasi Menyusu Dini (dibimbing oleh Isharyah Sunarno dan Ema Alasiry)
Inisiasi Menyusui Dini adalah memberi kesempatan pada bayi baru lahir untuk menyusu sendiri pada ibu dalam satu jam pertama kelahirannya. Inisiasi Menyusu Dini dilakukan tepat setelah persalinan sampai satu jam setelah persalinan. Meletakkan bayi baru lahir dengan posisi tengkurap pada dada ibu dan memastikan bayi mendapat kontak kulit dengan ibunya, menemukan puting dan mendapatkan kolostrum. Seringkali para ibu memiliki pemahaman yang tidak benar, misalnya tidak perlu meneteki bayi karena air susu yang keluar pertama kali berwarna kuning adalah kotoran dan basi. Penelitian ini bertujuan mengetahui model pengaruh edukasi terhadap persepsi ibu hamil tentang Inisiasi Menyusu Dini dan pelaksanaannya di wilayah kerja Puskesmas Bajeng. Jenis penelitian yang digunakan yaitu kuantitatif dengan menggunakan metode Quasi Experimen dengan desain penelitian Nonequivalent Control Group Design Pre-Post Test. Populasi dalam penelitian ini yaitu ibu hamil trimeter III. Penarikan sampel menggunakan purposive sampling sebanyak 50 responden. Pengumpulan data dilakukan dengan menggunakan kuesioner yang telah valid dengan nilai sig.(1-tailed) < 0.05 dan realibel dengan hasil Alpha Cronbach’s 0.918. Uji analisis statistik yang digunakan yaitu Uji Paired Sample T-Test dan Chi-Square. Hasil penelitian menunjukkan nilai pre-test ke post-test mengalami peningkatan. Dari hasil uji analisis statistik nilai post-test didapatkan p=0,000 < α (0,05). Sedangkan ibu yang melaksanakan Inisiasi Menyusu Dini sebanyak 41 (82%), dengan hasil uji analisis statistik didapatkan nilai p=0.010 < α (0,05). Artinya, terdapat pengaruh model edukasi terhadap persepsi ibu hamil dan pelaksanaan Inisiasi Menyusu Dini. Kesimpulan dalam penelitian ini yaitu edukasi yang diberikan saat prenatal berpengaruh terhadap persepsi ibu hamil dan tingginya partisipasi ibu dalam melakukan Inisiasi Menyusu Dini.
Item Type: | Thesis (Thesis) |
---|---|
Uncontrolled Keywords: | keywords : Inisiasi Menyusu Dini, Persepsi, Edukasi |
Subjects: | R Medicine > R Medicine (General) |
Divisions (Program Studi): | Program Pascasarjana > Ilmu Kebidanan |
Depositing User: | Unnamed user with username pkl |
Date Deposited: | 04 Sep 2024 01:16 |
Last Modified: | 04 Sep 2024 01:16 |
URI: | http://repository.unhas.ac.id:443/id/eprint/36595 |