Amoer, Andi Dian Fitri (2024) TINGKAT KEPUASAN PASIEN DIABETES MELLITUS TIPE 2 TERHADAP PELAYANAN TENAGA KEFARMASIAN DI PUSKESMAS MONCONGLOE KABUPATEN MAROS = LEVEL OF SATISFACTION OF PATIENTS WITH TYPE 2 DIABETES MELLITUS WITH THE SERVICES OF PHARMACEUTICAL PERSONNEL AT PUSKESMAS MONCONGLOE MAROS DISTRICT. Skripsi thesis, Universitas Hasanuddin.
![[thumbnail of Cover]](/36400/1.hassmallThumbnailVersion/N011201082_skripsi_23-08-2024%20COVER.jpg)

N011201082_skripsi_23-08-2024 COVER.jpg
Download (404kB) | Preview
![[thumbnail of Bab 1-2]](/style/images/fileicons/text.png)
N011201082_skripsi_23-08-2024 BAB I-II.pdf
Download (1MB)
![[thumbnail of Dapus]](/style/images/fileicons/text.png)
N011201082_skripsi_23-08-2024 DP.pdf
Download (862kB)
![[thumbnail of Full Text]](/style/images/fileicons/text.png)
N011201082_skripsi_23-08-2024.pdf
Restricted to Repository staff only until 19 August 2026.
Download (2MB)
Abstract (Abstrak)
Latar belakang. Diabetes melitus (DM) merupakan salah satu permasalahan kesehatan yang serius dan penyebab kematian terbesar di dunia. Salah satu kabupaten yang memiliki jumlah penderita diabetes melitus terbesar di Provinsi Sulawesi Selatan adalah Kabupaten Maros. Apoteker berperan sangat penting dalam proses terapi pasien DM untuk meningkatkan kualitas hidup pasien. Tujuan. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui tingkat kepuasan pasien berdasarkan persesi terhadap pelayanan kefarmasian di Puskesmas Moncongloe, Kabupaten Maros. Metode. Penelitian ini merupakan penelitian kuantitatif dengan metode cross sectional. Instrumen penelitian ini merupakan kuesioner yang diadopsi dari penelitian sebelumnya yang telah terbukti valid dan reliabel Penelitian ini dilakukan di Puskesmas Moncongloe, Kabupaten Maros, Provinsi Sulawesi Selatan pada bulan Januari 2024. Hasil. Penelitian ini menunjukan responden memberikan persepsi puas terhadap pelayanan tenaga kefarmasian secara keseluruhan dengan jumlah persentase 86%. Pada aspek skrining resep dominan pasien merasa puas dengan persentase sebesar 43%; aspek penyiapan obat 66%; aspek komunikasi informasi dan edukasi obat 46,6%; monitoring obat 42,8% masing-masing pasien merasa puas. Kesimpulan. Tingkat kepuasa pasien terhadap persepsi pelayanan tenaga kefarmasian di Puskesmas Moncongloe, Kabupaten maros secara keseluruhan adalah sebesar 86% yang termasuk kategori puas.
Item Type: | Thesis (Skripsi) |
---|---|
Uncontrolled Keywords: | diabetes mellitus; apoteker; tenaga kefarmasian; tingkat kepuasan; puskesmas |
Subjects: | R Medicine > RS Pharmacy and materia medica |
Divisions (Program Studi): | Fakultas Farmasi > Farmasi |
Depositing User: | Unnamed user with username pkl |
Date Deposited: | 03 Sep 2024 03:17 |
Last Modified: | 03 Sep 2024 06:18 |
URI: | http://repository.unhas.ac.id:443/id/eprint/36400 |