Hubungan Employee Engagement dan Kepuasan Kerja Terhadap Turnover Intention Di Rumah Sakit Islam Faisal Kota Makassar = The Relationship between Employee Engagement and Job Satisfaction on Turnover Intention at the Faisal Islamic Hospital, Makassar City


Noea, Maylaffayza Azizah R.hi (2024) Hubungan Employee Engagement dan Kepuasan Kerja Terhadap Turnover Intention Di Rumah Sakit Islam Faisal Kota Makassar = The Relationship between Employee Engagement and Job Satisfaction on Turnover Intention at the Faisal Islamic Hospital, Makassar City. Skripsi thesis, Universitas Hasanuddin.

[thumbnail of Cover]
Preview
Image (Cover)
K011201109_skripsi_05-08-2024 cover1.jpg

Download (328kB) | Preview
[thumbnail of Bab 1-2] Text (Bab 1-2)
K011201109_skripsi_05-08-2024 bab 1-2.pdf

Download (752kB)
[thumbnail of Dapus] Text (Dapus)
K011201109_skripsi_05-08-2024 dapus.pdf

Download (656kB)
[thumbnail of Full Text] Text (Full Text)
K011201109_skripsi_05-08-2024.pdf
Restricted to Repository staff only until 1 July 2026.

Download (1MB)

Abstract (Abstrak)

Employee engagement dan kepuasan kerja merupakan dua pilar fundamental dalam menciptakan lingkungan kerja yang kondusif dan meminimalisir turnover intention. Employee engagement merupakan dedikasi karyawan dalam bekerja. Karyawan yang engaged merasa terhubung dengan tujuan perusahaan, termotivasi untuk berkontribusi secara maksimal, dan merasa dihargai atas usaha mereka. Kepuasan kerja berfokus pada penilaian individu terhadap berbagai aspek pekerjaannya. Aspek- aspek ini meliputi gaji, tunjangan, lingkungan kerja, promosi, rekan kerja dan pengawasan. Employee engagement dan Kepuasan Kerja memiliki hubungan yang positif dan saling memperkuat. Karyawan yang engaged cenderung lebih puas dengan pekerjaannya dan sebaliknya. Hal ini dikarenakan karyawan yang engaged merasa termotivasi untuk mencapai tujuan perusahaan yang pada akhirnya meningkatkan kepuasan mereka terhadap pekerjaan. Tujuan. Tujuan dari penelitian ini adalah untuk mengetahui hubungan employee engagement dan kepuasan kerja terhadap turnover intention di RS Islam Faisal Kota Makassar. Metode: Jenis penelitian yang digunakan adalah penelitian deskriptif kuantitatif dengan metode cross-sectional. Populasi penelitian ini adalah seluruh karyawan yang bekerja di RS Islam Faisal Kota Makassar. Teknik pengambilan sampel menggunakan metode random sampling yang selanjutnya hasil kuesioner dianalisis secara univariat dan bivariat pada aplikasi SPSS. Hasil: Hasil uji pada sebelas variabel terdapat lima variabel yang berhubungan yaitu pada variabel employee engagement terdapat dimensi vigour, dan dedication sedangkan pada variabel Kepuasan Kerja terdapat dimensi Pekerjaan Itu Sendiri, Gaji dan Promosi yang berhubungan terhadap Turnover Intention. Kesimpulan: Hasil penelitian menunjukkan bahwa dimensi vigour, dedication, pekerjaan itu sendiri, gaji dan promosi memiliki hubungan terhadap turnover intention di Rumah Sakit Islam Faisal Makassar.

Kata Kunci : Employee Engagement, Kepuasan Kerja, Turnover Intention

Item Type: Thesis (Skripsi)
Uncontrolled Keywords: Employee Engagement, Job Satisfaction, Turnover Intention
Subjects: R Medicine > RA Public aspects of medicine > RA0421 Public health. Hygiene. Preventive Medicine
Divisions (Program Studi): Fakultas Kesehatan Masyarakat > Kesehatan Masyarakat
Depositing User: Unnamed user with username stfathirahs
Date Deposited: 23 Aug 2024 01:05
Last Modified: 23 Aug 2024 01:05
URI: http://repository.unhas.ac.id:443/id/eprint/36321

Actions (login required)

View Item
View Item