PEMBERDAYAAN PEER GROUP UNTUK PENINGKATAN PERILAKU REMAJA DALAM KONSUMSI TABLET TAMBAH DARAH DI POSYANDU REMAJA KECAMATAN BAROMBONG KABUPATEN GOWA = PEER GROUP EMPOWERMENT TO IMPROVE ADOLESCENT BEHAVIOR IN CONSUMPTING ADDED BLOOD TABLETS AT POSYANDU TEENAGERS AT BAROMBONG DISTRICT GOWA REGENCY


Nurjanna, Nurjanna (2024) PEMBERDAYAAN PEER GROUP UNTUK PENINGKATAN PERILAKU REMAJA DALAM KONSUMSI TABLET TAMBAH DARAH DI POSYANDU REMAJA KECAMATAN BAROMBONG KABUPATEN GOWA = PEER GROUP EMPOWERMENT TO IMPROVE ADOLESCENT BEHAVIOR IN CONSUMPTING ADDED BLOOD TABLETS AT POSYANDU TEENAGERS AT BAROMBONG DISTRICT GOWA REGENCY. Thesis thesis, Universitas Hasanuddin.

[thumbnail of Cover]
Preview
Image (Cover)
K012202024_tesis_23-02-2024 Cover1.jpg

Download (585kB) | Preview
[thumbnail of Bab 1-2] Text (Bab 1-2)
K012202024_tesis_23-02-2024 bab1-2.pdf

Download (1MB)
[thumbnail of Dapus] Text (Dapus)
K012202024_tesis_23-02-2024 Dapus.pdf

Download (2MB)
[thumbnail of Full Text] Text (Full Text)
K012202024_tesis_23-02-2024.pdf
Restricted to Repository staff only until 21 August 2026.

Download (4MB)

Abstract (Abstrak)

NURJANNA. Pemberdayaan Peer Group Untuk Peningkatan Perilaku Remaja Dalam Konsumsi Tablet Tambah Darah Di Posyandu Remaja Kecamatan Barombong Kabupaten Gowa (dibimbing oleh Muhammad Syafar dan Suriah)
Latar Belakang. Salah satu permasalahan besar yang dihadapi adalah kekurangan zat besi (anemia) Pada Remaja. Posyandu remaja dengan pendekatan teman sebaya (peer-group) memungkinkan terjadinya interaksi berkelanjutan antara peer educator dan teman sebayanya, sehingga penyampaian informasi lebih intensif. Penelitian ini bertujuan untuk mendapatkan hasil pengaruh pemberdayaan peer group untuk peningkatan perilaku remaja dalam konsumsi tablet tambah darah di Posyandu Remaja Kecamatan Barombong Kabupaten Gowa. Metode. Sebuah penelitian kuantitatif desain quasi eksperimental dengan pendekatan pre-test dan post-test group. Populasi dalam penelitian ini adalah seluruh anggota posyandu remaja Kecamatan Barombong. Teknik pengambilan sampel menggunakan teknik simple random sampling melalui undian pada dua kelompok. Sampel yang diperoleh dari kelompok perlakuan dan kelompok kontrol masing-masing sebanyak 40 orang. Hasil. Hasil penelitian menunjukkan bahwa terdapat pengaruh signifikan pada variabel niat, self-efficacy, pengetahuan, sikap, dukungan orang tua, dan dukungan guru pada kelompok intervensi dan kelompok kontrol dengan p-value <0,05. Kesimpulan. Terdapat pengaruh signifikan antara kelompok intervensi dan kelompok kontrol sebelum dan sesudah diberikan pemberdayaan peer group terhadap perilaku remaja dalam konsumsi tablet tambah darah. Rekomendasi : Kepada Puskesmas yang menjadi sarana kesehatan terdekat masyarakat, terkhusus program posyandu agar dapat melibatkan remaja dalam mengambil peran selaku pelaksana, bukan hanya sebagai peserta melalui pemberdayaan yang masif.

Kata Kunci : Pemberdayaan, Teman Sebaya, Tablet Tambah Darah, Posyandu Remaja, Puskesmas.

Item Type: Thesis (Thesis)
Uncontrolled Keywords: Empowerment, Peer Groups, Iron Supplements, Youth Posyandu, Healthcare Center Program.
Subjects: Q Science > Q Science (General)
Divisions (Program Studi): Fakultas Kesehatan Masyarakat > Kesehatan Masyarakat
Depositing User: S.Sos Rasman -
Date Deposited: 03 Sep 2024 00:56
Last Modified: 03 Sep 2024 00:56
URI: http://repository.unhas.ac.id:443/id/eprint/36278

Actions (login required)

View Item
View Item