Makna Semiotis Makan Adat Subetnis To Limola (Angka) = Semiotics Meaning Of To Limola's Traditional Food (Angka)


Jaya, Taufan (2024) Makna Semiotis Makan Adat Subetnis To Limola (Angka) = Semiotics Meaning Of To Limola's Traditional Food (Angka). Thesis thesis, Universitas Hasanuddin.

[thumbnail of Cover]
Preview
Image (Cover)
F012212004_tesis_27-02-2024 Cover1.jpg

Download (203kB) | Preview
[thumbnail of Bab 1-2] Text (Bab 1-2)
F012212004_tesis_27-02-2024 bab1-2.pdf

Download (1MB)
[thumbnail of Dapus] Text (Dapus)
F012212004_tesis_27-02-2024 Dapus.pdf

Download (443kB)
[thumbnail of Full Text] Text (Full Text)
F012212004_tesis_27-02-2024.pdf
Restricted to Repository staff only until 14 March 2026.

Download (3MB)

Abstract (Abstrak)

TAUFAN JAYA, Makna Semiotis Makanan Adat Subetnis To Limola (Angka). (dibimbing oleh Ery Iswary dan Tammasse). Suku To Limola di Desa Sassa, Kecamatan Baebunta, Kabupaten Luwu Utara memiliki tradisi unik dalam upacara kelahiran, upacara pernikahan dan upacara kematian dari kelompok masyarakatnya. Keunikan tersebut terlihat dari adanya persembahan makanan khusus kepada para pemimpin adat serta yang turut serta melaksakan prosesi adat, makanan tersebut bernama Angka. Makanan adat tersebut diberikan sebagai bentuk penghormatan kepada para pemimpin adat yang telah melancarkan rangkaian kegiatan upacara adat. Sehubungan dengan hal tersebut, penelitian ini bertujuan mengidentifikasi makna semiotik dari Angka dalam berbagai upacara adat. Penelitian ini bertujuan melestarikan kekayaan adat suku To Limola sehingga generasi muda mengetahui makna dan pesan yang ada dalam makanan adat tersebut. Metode penelitian menggunakan metode kualitatif dengan pendekatan semiotik Pierce. Pengumpulan data dilakukan dengan teknik wawancara kepada pemangku adat setempat. Hasil penelitian membuktikan bahwa Angka sebagai makanan adat masyarakat subetnis To Limola terdiri atas lima kondimen yaitu; tulu manu, walundaka, paja, tekko, dan inande poto. Keunikan Angka terdiri dari jumlah, tata penyajian dan bentuknya. Makna semiotik Angka erat kaitannya dengan nilai-nilai sosial yang dijunjung tinggi oleh masyarakat subetnis To Limola. Dalam trikotomi semiotik Pierce Angka berkedudukan sebagai representamen (R) dari makanan adat yang disajikan pada beberapa ritual adat subetnis To Limola. Angka memiliki lima objek turunan (Oi) berupa kondimen makanan yang terdapat dalam Angka yaitu tulu manu, walundaka, paja, tekko dan inande poto. Angka tidak memiliki indeks hanya ikon dan simbol.

Kata kunci : makna semiotik; makanan adat; upacara adat; subsubetnis to limola; bahasa dan budaya.

Item Type: Thesis (Thesis)
Uncontrolled Keywords: Seniotic meaning, Traditional food, Traditional ceremory, To limola ethnic group, Language and Culture.
Subjects: H Social Sciences > H Social Sciences (General)
Divisions (Program Studi): Fakultas Ilmu Budaya > Ilmu Linguistik
Depositing User: S.Sos Rasman -
Date Deposited: 29 Aug 2024 02:26
Last Modified: 29 Aug 2024 02:26
URI: http://repository.unhas.ac.id:443/id/eprint/36198

Actions (login required)

View Item
View Item