PERLINDUNGAN KONSUMEN TERHADAP IKLAN CASHBACK YANG TIDAK SESUAI PADA PENAWARAN DI APLIKASI OVO = CONSUMER PROTECTION AGAINST INAPPROPRIATE CASHBACK ADVERTISEMENTS ON OFFERS IN THE OVO APPLICATION


Santonio, Ofelia Grasia (2023) PERLINDUNGAN KONSUMEN TERHADAP IKLAN CASHBACK YANG TIDAK SESUAI PADA PENAWARAN DI APLIKASI OVO = CONSUMER PROTECTION AGAINST INAPPROPRIATE CASHBACK ADVERTISEMENTS ON OFFERS IN THE OVO APPLICATION. Skripsi thesis, Universitas Hasanuddin.

[thumbnail of Cover]
Preview
Image (Cover)
B11116338_skripsi_16-02-2024 Cover1.jpg

Download (238kB) | Preview
[thumbnail of Bab 1-2] Text (Bab 1-2)
B11116338_skripsi_16-02-2024. bab1-2pdf.pdf

Download (1MB)
[thumbnail of Dapus] Text (Dapus)
B11116338_skripsi_16-02-2024 Dapus.pdf

Download (635kB)
[thumbnail of Full Text] Text (Full Text)
B11116338_skripsi_16-02-2024.pdf
Restricted to Repository staff only until 14 August 2026.

Download (3MB)

Abstract (Abstrak)

OFELIA GRASIA SANTONIO (B11116338) “Perlindungan Konsumen Terhadap Iklan Cashback Yang Tidak Sesuai Pada Penawaran Di Aplikasi OVO”. Dibimbing oleh Ahmadi Miru dan Andi Kurniawati.
Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui bentuk kerugian konsumen akibat penawaran dari iklan pada aplikasi OVO dan untuk menganalisis bentuk perlindungan hukum terhadap konsumen yang mengalami kerugian akibat penawaran dari iklan pada aplikasi OVO.
Metode Penelitian yang digunakan yaitu metode penelitian empiris dengan pendekatan kualitatif yaitu suatu pendekatan penelitian digunakan untuk memahami dan menganalisis fenomena hukum dari sudut pandang kualitatif. Pengumpulan bahan hukum dalam penelitian ini berupa studi pustaka, kuesioner, dan wawancara.
Hasil penelitian menunjukkan bahwa, 1) Adanya keluhan konsumen terhadap penawaran iklan promo cashback mengenai cashback yang tidak diterima atau tidak tepat karena tidak adanya kelengkapan informasi mengenai penawaran yang diiklankan, penanganan penganduan konsumen yang tidak efisien, serta jaminan sistem pelayanan yang kurang baik. 2) Upaya konsumen dalam mendapatkan hak-haknya atas penawaran promo cashback yang tidak dipenuhi oleh pihak OVO dapat dilakukan dengan cara penyelesaian tuntutan ganti kerugian melalui Badan Penyelesaian Sengketa Konsumen (BPSK), dan mengajukan gugatan melalui peradilan umum.

Keywords : Aplikasi OVO, Cashback, Perlindungan Konsumen.

Item Type: Thesis (Skripsi)
Uncontrolled Keywords: Cashback, Consumer Protection, OVO Application.
Subjects: K Law > K Law (General)
Divisions (Program Studi): Fakultas Hukum > Ilmu Hukum
Depositing User: S.Sos Rasman -
Date Deposited: 29 Aug 2024 02:53
Last Modified: 29 Aug 2024 02:53
URI: http://repository.unhas.ac.id:443/id/eprint/36133

Actions (login required)

View Item
View Item