Penilaian Kinerja Berdasarkan Balanced Scorecard di Rumah Sakit Umum Daerah Kota Makassar Tahun 2023 = Performance Assessment Based on the Balanced Scorecard at Makassar City Hospital in 2023


Syarif, Arham (2023) Penilaian Kinerja Berdasarkan Balanced Scorecard di Rumah Sakit Umum Daerah Kota Makassar Tahun 2023 = Performance Assessment Based on the Balanced Scorecard at Makassar City Hospital in 2023. Skripsi thesis, Universitas Hasanuddin.

[thumbnail of Cover]
Preview
Image (Cover)
K011181511_skripsi_27-02-2024 Cover1.jpg

Download (240kB) | Preview
[thumbnail of Bab 1-2] Text (Bab 1-2)
K011181511_skripsi_27-02-2024 Bab 1-2.pdf

Download (1MB)
[thumbnail of Dapus] Text (Dapus)
K011181511_skripsi_27-02-2024 Dapus.pdf

Download (1MB)
[thumbnail of Full Text] Text (Full Text)
K011181511_skripsi_27-02-2024.pdf
Restricted to Repository staff only until 26 July 2026.

Download (4MB)

Abstract (Abstrak)

Penilaian kinerja adalah proses mencatat dan mengukur pencapaian misi melalui hasil berupa produk, jasa ataupun proses pelayanan publik. Balanced Scorecard ditemukan oleh Kaplan dan Norton sebagai kerangka pengukuran kinerja pada aspek keuangan dan non keuangan. Hasil penyusuran data di RSUD Kota Makassar terdapat rendahnya SDM yang mendapatkan pelatihan, nilai BOR, BTO dan TOI belum memenuhi standar, Kepuasan pasien dan karyawan belum optimal dan pendapatan rumah sakit yang masih cenderung fluktuatif. Berdasarkan permasalahan tersebut, perlu untuk menilai kinerja berdasarkan BSC di RSUD Kota Makassar.
Tujuan penelitian ini untuk mengetahui penilaian kinerja berdasarkan balanced scorecard di Rumah Sakit Umum Daerah Kota Makassar Tahun 2023. Penelitian ini merupakan penelitian kuantitatif dengan metode observasional dengan desain deskriptif. Penelitian ini dilakukan pada bulan September 2023 di Rumah Sakit Umum Daerah Kota Makassar. Pengumpulan data dilakukan dengan cara mengambil data sekunder di rumah sakit.
Hasil penelitian menunjukkan perspektif pertumbuhan dan pembelajaran mendapatkan hasil skor penilaian kinerja yaitu 11,75 atau berada pada kategori sedang. Persepektif proses bisnis internal mendapatkan hasil skor penilaian kinerja yaitu 33,95 atau berada pada kategori baik. Perspektif pelanggan mendapatkan hasil skor penilaian kinerja yaitu 12 atau berada pada kategori baik. Perspektif keuangan mendapatkan hasil skor penilaian kinerja yaitu 16,25 atau berada pada kategori sedang. Total empat perspektif BSC mendapatkan hasil skor penilaian kinerja yaitu 73,95 atau berada pada kategori sedang kelompok tinggi. Diharapkan kepada rumah sakit dapat meningkatkan pengembangan kompetensi pegawai, integrasi SIM RS seluruh unit pelayanan, meningkatkan inovasi layanan dan kualitas proses layanan, peningkatan nilai kepuasan pelanggan dan karyawan, peningkatan pendapatan jasa layanan, efektivitas anggaran serta efisiensi biaya.

Keywords : Penilaian Kinerja, Balanced Scorecard, Rumah Sakit.

Item Type: Thesis (Skripsi)
Uncontrolled Keywords: Performance Assesment, Balanced Scorecard, Hospital.
Subjects: R Medicine > RA Public aspects of medicine
Divisions (Program Studi): Fakultas Kesehatan Masyarakat > Administrasi Rumah Sakit
Depositing User: S.Sos Rasman -
Date Deposited: 27 Aug 2024 05:40
Last Modified: 27 Aug 2024 05:40
URI: http://repository.unhas.ac.id:443/id/eprint/35838

Actions (login required)

View Item
View Item