EVALUASI TINGKAT KEPUASAN PASIEN TERHADAP PELAYANAN KEFARMASIAN DI BEBERAPA APOTEK KOTA MAKASSAR = Evaluation of the Level of Patient Satisfaction with Pharmaceutical Services at Several Pharmacies in Makassar City


Sari, Martina (2024) EVALUASI TINGKAT KEPUASAN PASIEN TERHADAP PELAYANAN KEFARMASIAN DI BEBERAPA APOTEK KOTA MAKASSAR = Evaluation of the Level of Patient Satisfaction with Pharmaceutical Services at Several Pharmacies in Makassar City. Skripsi thesis, Universitas Hasanuddin.

[thumbnail of Cover]
Preview
Image (Cover)
N011201010_skripsi_21-06-2024 cover1.png

Download (746kB) | Preview
[thumbnail of Bab 1-2] Text (Bab 1-2)
N011201010_skripsi_21-06-2024 1-2.pdf

Download (1MB)
[thumbnail of Dapus] Text (Dapus)
N011201010_skripsi_21-06-2024 dp.pdf

Download (1MB)
[thumbnail of Full Text] Text (Full Text)
N011201010_skripsi_21-06-2024.pdf
Restricted to Repository staff only until 16 July 2026.

Download (3MB)

Abstract (Abstrak)

MARTINA SARI. Evaluasi Tingkat Kepuasan Pasien Terhadap Pelayanan Kefarmasian di Beberapa Apotek Kota Makassar (dibimbing oleh A. Anggriani, dan Muh. Akbar Bahar.).
Latar belakang. Kepuasan pasien merupakan penilaian yang muncul setelah membandingkan kualitas pelayanan yang diberikan oleh tenaga kefarmasian kepada pasien dengan harapan pasien. Kepuasan pasien dapat diukur berdasarkan lima dimensi yaitu dimensi bukti langsung (tangible), ketanggapan (responsiveness), jaminan (assurance), kehandalan (reliability) dan empati (empathy). Tujuan. Penelitian ini bertujuan untuk mengukur tingkat kepuasan pasien terhadap pelayanan kefarmasian pada beberapa apotek di kota Makassar Metode. Jenis penelitian ini merupakan penelitian observasional dengan rancangan deskriptif menggunakan desain penelitian cross sectional study dengan instrumen penelitian berupa kuesioner. Subjek dalam penelitian ini sebanyak 420 pasien yang berusia 18 ke atas dan memiliki kemampuan berkomunikasi dengan baik. Hasil. Dari 420 pasien yang menjadi responden dalam penelitian ini merasa puas pada dimensi bukti langsung (80,0%) dan dimensi kehandalan (77,6%) serta merasa sangat puas pada dimensi ketanggapan (81,0%), dimensi jaminan (81,0%), dan dimensi empati (81,2%). Kesimpulan. Berdasarkan penelitian yang telah dilakukan dapat disimpulkan bahwa tingkat kepuasan pasien terhadap pelayanan kefarmasian yang diberikan oleh tenaga kefarmasian kepada pasien di 14 apotek kota Makassar masuk dalam kategori puas dengan skor rata-rata pada setiap dimensi yakni 80,2%.

Kata kunci: Kepuasan Pasien; Pelayanan Kefarmasian; Apotek; Kota Makassar.

Item Type: Thesis (Skripsi)
Uncontrolled Keywords: Patient Satisfaction; Pharmaceutical Services; pharmacy; Makassar city.
Subjects: Q Science > Q Science (General)
Divisions (Program Studi): Fakultas Farmasi > Farmasi
Depositing User: S.Sos Rasman -
Date Deposited: 01 Aug 2024 00:28
Last Modified: 01 Aug 2024 00:28
URI: http://repository.unhas.ac.id:443/id/eprint/35485

Actions (login required)

View Item
View Item