KOMPOSISI DAN KELIMPAHAN BAKTERI YANG BERASOSIASI DENGAN PLASTIK LEMBARAN DI PELABUHAN BAJOE KABUPATEN BONE = COMPOSITION AND ABUNDANCE OF BACTERIA ASSOCIATED WITH SHEET PLASTIC IN BAJOE HARBOR, BONE REGENCY


Mustamiada, Musfirah (2023) KOMPOSISI DAN KELIMPAHAN BAKTERI YANG BERASOSIASI DENGAN PLASTIK LEMBARAN DI PELABUHAN BAJOE KABUPATEN BONE = COMPOSITION AND ABUNDANCE OF BACTERIA ASSOCIATED WITH SHEET PLASTIC IN BAJOE HARBOR, BONE REGENCY. Skripsi thesis, Universitas Hasanuddin.

[thumbnail of Cover]
Preview
Image (Cover)
L011201022_skripsi_17-01-2024 cover1.png

Download (118kB) | Preview
[thumbnail of Bab 1-2] Text (Bab 1-2)
L011201022_skripsi_17-01-2024 1-2.pdf

Download (673kB)
[thumbnail of Dapus] Text (Dapus)
L011201022_skripsi_17-01-2024 dp.pdf

Download (360kB)
[thumbnail of Full Text] Text (Full Text)
L011201022_skripsi_17-01-2024.pdf
Restricted to Repository staff only until 15 July 2026.

Download (1MB)

Abstract (Abstrak)

Plastik termasuk dalam salah satu jenis senyawa kimia yang tersusun atas bahan organik, terbuat dari senyawa polimer sintetis di antaranya karbon, hidrogen, silikon, oksigen, klorida dan nitrogen. Salah satu jenis plastik yang banyak ditemukan dan sulit terurai di lingkungan yaitu low density polyethylene (LDPE) contohnya kantong plastik. Mikroorganisme memiliki kemampuan untuk mengurai atau memecah molekul polimer sintetis. Bakteri dapat dimanfaatkan dalam proses penguraian sampah plastik, sebab bakteri memiliki kemampuan beradaptasi yang tinggi dengan kondisi lingkungan yang bervariasi. Bakteri menguraikan polietilen dengan memanfaatkannya sebagai sumber karbon guna mendukung pertumbuhan bakteri. Pelabuhan Bajoe merupakan pelabuhan penyeberangan lintas provinsi juga menjadi sarana pendukung pengembangan sektor perikanan dan menjadi salah satu tempat wisata. Sampah plastik jenis LDPE dapat dengan mudah masuk ke perairan Pelabuhan Bajoe dikarenakan adanya berbagai aktivitas dan lokasi pemukiman masyarakat yang tidak jauh dari wilayah Pelabuhan Bajoe. Penelitian ini bertujuan untuk mengidentifikasi morfologi koloni, morfologi sel, jenis Gram, komposisi serta kelimpahan bakteri yang berasosiasi pada plastik lembaran. Selain itu, juga bertujuan untuk mengetahui hubungan kelimpahan bakteri asosiasi pada plastik lembaran dengan parameter lingkungan. Sampel berupa sampah plastik lembaran berwarna putih dan hitam diberi perlakuan dengan mendiamkannya di perairan selama 5 hari di dalam petakan mikrokosmos. Ditemukan 7 jenis isolat bakteri asosiasi pada plastik lembaran dengan morfologi koloni yang hampir serupa pada masing-masing isolat, morfologi sel yaitu basil dan coccus serta berjenis Gram positif dan Gram negatif. Berdasarkan komposisi jenis Gram bakteri ditemukan Gram negatif lebih banyak dibandingkan Gram positif. Selain itu, kelimpahan bakteri pada plastik putih lebih banyak dibandingkan pada plastik hitam. Terkait hubungan kelimpahan bakteri dengan parameter lingkungan dilakukan uji analisis regresi yang menunjukkan adanya korelasi yang signifikan pada total kelimpahan bakteri dengan parameter lingkungan.

Keywords : Plastik Lembaran, LDPE, Bakteri, Morfologi, Parameter Lingkungan, Pelabuhan Bajoe Kabupaten Bone

Item Type: Thesis (Skripsi)
Uncontrolled Keywords: Sheet Plastic, LDPE, Bacteria, Morphology, Environmental Parameters, Bajoe Harbor Bone Regency.
Subjects: Q Science > Q Science (General)
Divisions (Program Studi): Fakultas Ilmu Kelautan dan Perikanan > Ilmu Kelautan
Depositing User: S.Sos Rasman -
Date Deposited: 25 Jul 2024 06:50
Last Modified: 25 Jul 2024 06:50
URI: http://repository.unhas.ac.id:443/id/eprint/35454

Actions (login required)

View Item
View Item