EFEKTIVITAS KOMBINASI GEL METFORMIN 1% DAN XENOGRAFT TERHADAP PEMBENTUKAN TRABEKULA TULANG ALVEOLAR PADA SOCKET PASCA PENCABUTAN = EFFECTIVENESS OF THE COMBINATION OF 1% METFORMIN GEL AND XENOGRAFT ON THE FORMATION OF ALVEOLAR BONE TRABECULA IN THE POST EXTRACTION SOCKET


Puspitasari, Rachmawati Dian (2023) EFEKTIVITAS KOMBINASI GEL METFORMIN 1% DAN XENOGRAFT TERHADAP PEMBENTUKAN TRABEKULA TULANG ALVEOLAR PADA SOCKET PASCA PENCABUTAN = EFFECTIVENESS OF THE COMBINATION OF 1% METFORMIN GEL AND XENOGRAFT ON THE FORMATION OF ALVEOLAR BONE TRABECULA IN THE POST EXTRACTION SOCKET. Thesis thesis, Universitas Hasanuddin.

[thumbnail of Cover]
Preview
Image (Cover)
J035202002_tesis_15-02-2024 cover1.png

Download (90kB) | Preview
[thumbnail of Bab 1-2] Text (Bab 1-2)
J035202002_tesis_15-02-2024 1-2.pdf

Download (1MB)
[thumbnail of Dapus] Text (Dapus)
J035202002_tesis_15-02-2024 dp.pdf

Download (1MB)
[thumbnail of Full Text] Text (Full Text)
J035202002_tesis_15-02-2024.pdf
Restricted to Repository staff only until 12 July 2026.

Download (3MB)

Abstract (Abstrak)

Latar belakang : Socket preservation berupaya mencegah terjadinya resorpsi tulang dengan memasukkan bahan graft tulang ke dalam soket segera setelah proses pencabutan gigi, diharapkan hal ini dapat memperlambat resorpsi dinding soket dan terjadi regenerasi jaringan lunak dan keras, tetapi dengan kualitas tulang yang terbentuk tidak dapat diprediksi. Sehingga perlu ditambahkan bahan untuk
meningkatkan penyembuhan luka dan mempercepat terjadinya regenerasi jaringan.
Mikroarsitektur trabekula juga merupakan biological marker untuk melakukan pemeriksaan kualitatif tulang. Potensi metformin telah diteliti sebagai terapi adjuvant dalam regenerasi periodontal. Penggunaan metformin sebagai local delivered drug adalah dengan mengubah sediaan metformin menjadi gel hingga dapat diaplikasikan secara lokal pada daerah yang mengalami defek periodontal.
Penelitian ini bertujuan untuk meneliti efektivitas kombinasi gel metformin 1% dan xenograft terhadap pembentukan trabekula tulang alveolar pada soket pasca pencabutan.
Bahan dan metode: Penelitian ini merupakan true experimental laboratoris dengan desain posttest-only control group design menggunakan marmut (Cavia cobaya) sebagai subjek penelitian.
Hasil: Pada hari ke-7, 14 dan 28 terjadi peningkatan jumlah sel tiulang trabekula yang signifikan (p<0.05) pada kelompok kombinasi gel metformin dan xenograft bovine dibandingkan dengan kelompok kontrol positif Pembahasan: Hasil penelitian ini menunjukkan bahwa gel metformin 1% dikombinasikan dengan xenograft memiliki potensi dalam meningkatkan kecepatan regenerasi tulang melalui pembentukan trabekula. Penggunaan kombinasi xenograft dan metformin sebagai scaffold sangat berpotensi untuk efikasi regenerasi jaringan, karena kedua bahan ini bersifat osteokonduktif. Osteokonduksi merupakan sifat biomaterial bio-inert yang berperan lebih pasif dengan memberikan tempat matriks fisik untuk deposisi tulang baru. Biomaterial yang memiliki karakteristik osteokonduksi berperan sebagai matriks sementara untuk sel-sel disekitar dapat memulai proses regenerasi tulang. Penelitian ini menunjukkan metformin mampu meningkatkan pembentukan tulang trabekula Kesimpulan: Berdasarkan hasil penelitian disimpulkan bahwa aplikasi kombinasi gel metformin 1% dengan Xenograft efektif dalam meningkatkan pembentukan tulang trabekula pada soket paska pencabutan gigi.

Keywords : SOCKET PRESERVATION, TRABECULA,XENOGRAFT BOVINE,METFORMIN,BONE REGENERATION

Item Type: Thesis (Thesis)
Uncontrolled Keywords: Socket preservation, osteosit, xenograft bovine, metformin, bone regeneration
Subjects: R Medicine > RK Dentistry
Divisions (Program Studi): Fakultas Pendidikan Dokter Gigi > PPDGS - Prostodonsia
Depositing User: S.Sos Rasman -
Date Deposited: 15 Jul 2024 01:30
Last Modified: 15 Jul 2024 01:30
URI: http://repository.unhas.ac.id:443/id/eprint/35414

Actions (login required)

View Item
View Item