ANALISIS POTENSI AIR DAN PENGEMBANGANNYA UNTUK LAHAN PERTANIAN PADA BENDUNG LEKOPANCING KABUPATEN MAROS MENGGUNAKAN MODEL SISTEM DINAMIS = Analysis of Potential Water Availability for Irrigation Needs at Lekopancing Dam, Maros Regency using Dynamic System Model


Mastam, Asnidar (2024) ANALISIS POTENSI AIR DAN PENGEMBANGANNYA UNTUK LAHAN PERTANIAN PADA BENDUNG LEKOPANCING KABUPATEN MAROS MENGGUNAKAN MODEL SISTEM DINAMIS = Analysis of Potential Water Availability for Irrigation Needs at Lekopancing Dam, Maros Regency using Dynamic System Model. Thesis thesis, Universitas Hasanuddin.

[thumbnail of Cover]
Preview
Image (Cover)
G042222003_tesis_14-05-2024 cover1.png

Download (235kB) | Preview
[thumbnail of Bab 1-2] Text (Bab 1-2)
G042222003_tesis_14-05-2024 1-2.pdf

Download (377kB)
[thumbnail of Dapus] Text (Dapus)
G042222003_tesis_14-05-2024 dp.pdf

Download (877kB)
[thumbnail of Full Text] Text (Full Text)
G042222003_tesis_14-05-2024.pdf
Restricted to Repository staff only until 11 July 2026.

Download (1MB)

Abstract (Abstrak)

Kesetimbangan air pada Bendung sangat penting dalam kegiatan pertanian, terutama di daerah yang bergantung pada air irigasi untuk pertanian. Bendung dapat menjadi sumber air irigasi bagi pertanian di daerah sekitarnya. Namun, untuk memastikan kesinambungan pasokan air untuk pertanian, perlu diperhatikan kesetimbangan antara ketersediaan dan kebutuhan air. Tujuan jangka pendek dari penelitian ini yaitu untuk melakukan simulasi potensi air dan menganalisis skenario pola tanam untuk keperluan pertanian di bendung Lekopancing, Kabupaten Maros dengan menggunakan pendekatan model sistem dinamis. Tujuan jangka Panjang yaitu memberikan kontribusi penting bagi pengembangan pertanian di daerah sekitar bendung Lekopancing serta model dapat menjadi acuan bagi pengambilan keputusan dalam pengelolaan sumber daya air dan pengembangan lahan pertanian yang berkelanjutan di berbagai daerah irigasi di masa depan. Metode yang digunakan adalah metode deskriptif kuantitatif dengan mengumpulkan data sekunder berupa curah hujan, debit air sungai, klimatologi dan kondisi hidrologi Bendung. Kemudian dilakukan analisis kesetimbangan air software Powersim untuk menghitung potensi air pada Bendung. Ketersediaan air maksimal di bendung Lekopancing terjadi bulan Februari periode I dan terkecil pada bulan Oktober periode I. Ketersediaan air pada rentang bulan Desember-Juli periode I cenderung lebih besar dibanding dengan kebutuhan air, dengan ketersediaan air tertinggi sebesar 22,02 m3/dtk. Kebutuhan air tertinggi terjadi pada rentang bulan Agustus-November dan terjadi defisit actual sebesar 11,35 m3/dtk. Hasil simulasi menunjukkan bahwa untuk memaksimalkan luasan yang tertanam dan memenuhi kebutuhan irigasi dan air baku PDAM, maka direkomendasikan pola tanam padi-padi-bero dengan awal masa tanam untuk Padi I Desember, Padi II April.

Kata Kunci: Bendung, irigasi, kesetimbangan air, model dinamis, powersim.

Item Type: Thesis (Thesis)
Uncontrolled Keywords: Dam, irrigation, water balance, dynamic model, Powersim.
Subjects: S Agriculture > S Agriculture (General)
Divisions (Program Studi): Fakultas Pertanian > Keteknikan Pertanian
Depositing User: S.Sos Rasman -
Date Deposited: 25 Jul 2024 00:36
Last Modified: 25 Jul 2024 00:36
URI: http://repository.unhas.ac.id:443/id/eprint/35352

Actions (login required)

View Item
View Item