VIRTUAL REALITY DALAM MENGEMBANGKAN HEALTH LITERACY PENCEGAHAN PENYAKIT HIV/AIDS BERBASIS HEALTH BELIEFS MODEL PADA REMAJA DI KABUPATEN PANGKAJENE DAN KEPULAUAN


Taher, Rusli (2024) VIRTUAL REALITY DALAM MENGEMBANGKAN HEALTH LITERACY PENCEGAHAN PENYAKIT HIV/AIDS BERBASIS HEALTH BELIEFS MODEL PADA REMAJA DI KABUPATEN PANGKAJENE DAN KEPULAUAN. Disertasi thesis, Universitas Hasanuddin.

[thumbnail of Bab 1-2] Text (Bab 1-2)
K013201023_disertasi_20-02-2024 bab1-2.pdf

Download (945kB)
[thumbnail of Cover]
Preview
Image (Cover)
K013201023_disertasi_20-02-2024 Cover1.jpg

Download (218kB) | Preview
[thumbnail of Daftar Pustaka] Text (Daftar Pustaka)
K013201023_disertasi_20-02-2024 Dapus.pdf

Download (1MB)
[thumbnail of Full text] Text (Full text)
K013201023_disertasi_20-02-2024.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (3MB)

Abstract (Abstrak)

RUSLI TAHER. Virtual Reality dalam Mengembangkan Health Literacy Pencegahan Penyakit HIV/AIDS Berbasis Health Beliefs Models pada Remaja di Kabupaten Pangkajene dan Kepulauan (Dibimbing oleh Muhammad Syafar, Andi Indahwati Sidin, dan Stang).
Perilaku remaja dalam melakukan pencegahan penyakit menular seksual khusunya HIV/AIDS perlu diprediksi dengan mengaplikasikan atau menggunakan pendekatan teori Health Belief Model (HBM). Tujuan penelitian ini untuk mengembangkan Health Literacy menggunakan Health Belief Model pencegahan penyakit HIV/AIDS berbasis aplikasi Virtual Reality pada remaja dan mengeksplorasi pengalaman remaja terkait penyakit HIV/AIDS di Kabupaten Pangkajene dan Kepulauan.
Jenis penelitian ini adalah Mixed Method research dengan desain exploratory sequential mixed-methods, dilaksanakan selama sekitar 2 bulan (Juni–Agustus 2023) di SMA Negeri 4 dan SMK Negeri 6 Kabupaten Pangkep. Pada penelitian kualitatif, diterapkan pendekatan interpretive descriptive dan telaah literatur dengan 20 partisipan remaja, termasuk 5 triangulasi sumber. Wawancara semi terstruktur, FGD, dan observasi dengan field note menjadi metode utama. Sedangkan, penelitian kuantitatif menggunakan rancangan time series nonequivalent control group design dengan 44 sampel, dengan analisis data menggunakan uji paired sample t-test, uji repeated measures anova, dan uji independent sampel t-test.
Hasil Penelitian kualitatif mengidentifikasi empat tema utama yaitu Kurang pengetahuan remaja tentang HIV/AIDS; Persepsi kontrol respon remaja terhadap penderita HIV/AIDS; Program Kerja pencegahan HIV/AIDS; dan Kebutuhan remaja, guru, petugas puskesmas, dan dinas kesehatan terkait rencana pengembangan intervensi peningkatan pengetahuan remaja dalam pencegahan HIV/AIDS. Penelitian kuantitatif menunjukkan pengaruh positif Health Literacy menggunakan Virtual Reality terhadap keseriusan, persepsi kerentanan, manfaat, hambatan, keyakinan, dan isyarat untuk bertindak terkait HIV/AIDS pada remaja di Kabupaten Pangkajene dan Kepulauan

Item Type: Thesis (Disertasi)
Uncontrolled Keywords: HIV/AIDS, Remaja, Health Beliefs Model, Health Literacy, Virtual Reality
Subjects: R Medicine > R Medicine (General)
Divisions (Program Studi): Fakultas Kesehatan Masyarakat > Kesehatan Masyarakat
Depositing User: Andi Milu
Date Deposited: 29 Jul 2024 03:45
Last Modified: 29 Jul 2024 03:45
URI: http://repository.unhas.ac.id:443/id/eprint/35330

Actions (login required)

View Item
View Item