INTERVENSI DALAM MUTASI PEJABAT BIROKRASI DI KANWIL KEMENTERIAN AGAMA PROVINSI SULAWESI SELATAN = INTERVENTION IN BUREAUCRSTIC OFFICER MUTATION AT THE REGIONAL OFFICE OF THE MINISTRY OF RELIGIOUS Affairs in South Sulawesi Province.


Armin, Etsuko Shiomi (2024) INTERVENSI DALAM MUTASI PEJABAT BIROKRASI DI KANWIL KEMENTERIAN AGAMA PROVINSI SULAWESI SELATAN = INTERVENTION IN BUREAUCRSTIC OFFICER MUTATION AT THE REGIONAL OFFICE OF THE MINISTRY OF RELIGIOUS Affairs in South Sulawesi Province. Skripsi thesis, Universitas Hasanuddin.

[thumbnail of Cover] Image (Cover)
E041201009_skripsi_21-02-2024 Cover1.jpg

Download (235kB)
[thumbnail of Bab 1-2] Text (Bab 1-2)
E041201009_skripsi_21-02-2024 Bab 1 - Bab 2.pdf

Download (1MB)
[thumbnail of Dapus] Text (Dapus)
E041201009_skripsi_21-02-2024 Dapus.pdf

Download (1MB)
[thumbnail of Full Text] Text (Full Text)
E041201009_skripsi_21-02-2024.pdf
Restricted to Repository staff only until 3 July 2026.

Download (2MB)

Abstract (Abstrak)

ETSUKO SHIOMI ARMIN E041201009. Intervensi Dalam Mutasi Pejabat Birokrasi di Kanwil Kementerian Agama Provinsi Sulawesi Selatan. Dibawah Bimbingan Prof. Dr. Muhammad, M.Si. dan Dr. Muh. Imran, S.IP., M.Si.
Tujuan penelitian ini adalah ingin memberikan pemahaman mendalam tentang dinamika intervensi dalam proses mutasi pejabat di Kanwil Kementerian Agama Provinsi Sulawesi Selatan. Serta memberikan kontribusi bagi pengembangan kebijakan yang lebih efektif dan adil dalam manajemen mutasi birokrasi. Berdasarkan data yang penulis peroleh bahwa masih ada beberapa kasus intervensi dalam proses mutasi dari aktor politik, ormas islam, dan hubungan emosional kekeluargaan serta kekerabatan.
Dasar penelitian ini menggunakan kualitatif dengan Tipe penelitian fenomenologi, dimana tipe penelitian ini memberi gambaran secara jelas mengenai masalah-masalah yang diteliti berdasarkan pengalaman yang dialami oleh informan. Teknik analisa datanya yaitu dengan observasi, wawancara, serta dokumentasi. Dalam memastikan keabsahan data peneliti menguji kredibilitasnya dengan triangulasi yaitu triangulasi sumber, triangulasi teknik, dan triangulasi waktu.
Berdasarkan hasil penelitian yang telah dilakukan dapat disimpulkan bahwa ,telah terjadi intervensi dalam proses mutasi di Kanwil Kemenag Provinsi Sulsel. Temuan menunjukkan terdapat berbagai praktik yang dapat mengakibatkan intervensi dan pengaruh eksternal. Spoil System, Nepotism System, dan Patronage System merupakan tiga aspek utama yang muncul dalam proses mutasi. Meskipun demosi sudah mematuhi prinsip merit system dan regulasi, dalam kasus promosi dan rotasi, faktor-faktor eksternal seperti keanggotaan organisasi, hubungan keluarga, dan dukungan dari organisasi masih memainkan peran signifikan dalam menentukan mutasi pegawai di Kanwil Kementerian Agama Provinsi Sulawesi Selatan.

Kata Kunci : Intervensi, Mutasi, Kanwil Kementerian Agama Provinsi Sulawesi Selatan.

Item Type: Thesis (Skripsi)
Uncontrolled Keywords: Intervention, Mutation, Regional Office of the Ministry of Religious Affairs, South Sulawesi Province.
Subjects: J Political Science > JA Political science (General)
Divisions (Program Studi): Fakultas Ilmu Sosial dan Ilmu Politik > Ilmu Politik
Depositing User: S.Sos Rasman -
Date Deposited: 03 Jul 2024 05:32
Last Modified: 03 Jul 2024 05:32
URI: http://repository.unhas.ac.id:443/id/eprint/35053

Actions (login required)

View Item
View Item