BUDAYA BERWIRAUSAHA DI KALANGAN MAHASISWA: STUDI KASUS MAHASISWA FAKULTAS PERTANIAN UNHAS = ENTREPRENEURIAL CULTURE AMONGST STUDENTS: CASE STUDY OF UNHAS AGRICULTURE FACULTY STUDENTS


Praharsini, Astry Ayu (2024) BUDAYA BERWIRAUSAHA DI KALANGAN MAHASISWA: STUDI KASUS MAHASISWA FAKULTAS PERTANIAN UNHAS = ENTREPRENEURIAL CULTURE AMONGST STUDENTS: CASE STUDY OF UNHAS AGRICULTURE FACULTY STUDENTS. Skripsi thesis, Universitas Hasanuddin.

[thumbnail of Cover] Image (Cover)
E071181303_skripsi_14-05-2024 cover1.png

Download (567kB)
[thumbnail of Bab 1-2] Text (Bab 1-2)
E071181303_skripsi_14-05-2024 1-2.pdf

Download (1MB)
[thumbnail of Dapus] Text (Dapus)
E071181303_skripsi_14-05-2024 dp.pdf

Download (492kB)
[thumbnail of Full Text] Text (Full Text)
E071181303_skripsi_14-05-2024.pdf
Restricted to Repository staff only until 3 July 2026.

Download (2MB)

Abstract (Abstrak)

Terbatasnya dan kompetitifnya lapangan pekerjaan saat ini membuat mahasiswa khawatir akan prospek pekerjaan setelah lulus kuliah, sehingga alternatif mahasiswa dalam menghadapi persaingan untuk memasuki dunia kerja adalah dengan menciptakan usaha sendiri. Kontribusi baru dalam penelitian ini adalah bagaimana mahasiswa membagi waktu antara perkuliahan dan berwirausaha, serta bagaimana mereka mempertahankan usaha rintisan mereka.

Dengan menggunakan pendekatan kualitatif, penelitian ini mengkombinasikan antara antara wawancara mendalam dan observasi sebagai teknik pengumpulan data. Penelitian dilakukan di Fakultas Pertanian Universitas Hasanuddin yang berlangsung dari bulan September hingga desember 2022. Informan yang terlibat dalam penelitian ini merupakan mahasiswa Fakultas Pertanian yang memiliki usaha aktif, berasal dari program studi yang bervariasi (Agribisnis, Agroteknologi, dan Proteksi Tanaman). Adapun informan yang ikut serta dalam penelitian ini berjumlah 10 orang yang berusia antara 19 dan 23 tahun. Wawancara mendalam dan observasi adalah kombinasi metode pengumpulan data yang digunakan dalam penelitian ini.

Hasil dari penelitian ini menunjukkan bahwa berwirausaha menjadi alternatif bagi mahasiswa untuk memperoleh pendapatan dan menghadapi persaingan memasuki dunia kerja. Hal ini disebabkan oleh faktor sosial budaya lingkungan keluarga, pendidikan kewirausahaan, program pengembangan budaya kewirausahaan mahasiswa, lingkungan sosial dalam mempengaruhi minat dan menjadi motivasi mahasiswa untuk berwirausaha. Strategi yang diaplikasi dalam bisnis ini mencakup manajemen waktu, pembagian kerja, hubungan antar individu, penentuan harga, dan strategi marketing. Untuk mempertahankan usaha yang dikelola maka mereka menerapkan manajemen penjualan dan manajemen penghasilan agar usaha tersebut dapat berjalan dengan baik dan dapat berkembang secara luas.

Keywords : Mahasiswa, Kewirausahaan, Budaya Berwirausaha, Faktor Sosial Budaya, Strategi Mahasiswa, dan Kebertahahan Usaha.

Item Type: Thesis (Skripsi)
Uncontrolled Keywords: Students, Entrepreneurship, Entrepreneurial Culture, Socio-Cultural Factors, Student Strategies, and Business Survival.
Subjects: H Social Sciences > H Social Sciences (General)
Divisions (Program Studi): Fakultas Ilmu Sosial dan Ilmu Politik > Antropologi Sosial
Depositing User: S.Sos Rasman -
Date Deposited: 03 Jul 2024 05:29
Last Modified: 03 Jul 2024 05:29
URI: http://repository.unhas.ac.id:443/id/eprint/35048

Actions (login required)

View Item
View Item