POLA KOMUNIKASI INTERPERSONAL DINAS KOMUNIKASI, INFORMATIKA DAN PERSANDIAN (DISKOMINFO) KABUPATEN PINRANG DALAM MENINGKATKAN KINERJA = INTERPERSONAL COMMUNICATION PATTERNS OF THE PINRANG REGENCY COMMUNICATION, INFORMATICS AND ENCRYPTION SERVICE (DISKOMINFO) IN IMPROVING PERFORMANCE.


Nirmala, A. (2024) POLA KOMUNIKASI INTERPERSONAL DINAS KOMUNIKASI, INFORMATIKA DAN PERSANDIAN (DISKOMINFO) KABUPATEN PINRANG DALAM MENINGKATKAN KINERJA = INTERPERSONAL COMMUNICATION PATTERNS OF THE PINRANG REGENCY COMMUNICATION, INFORMATICS AND ENCRYPTION SERVICE (DISKOMINFO) IN IMPROVING PERFORMANCE. Skripsi thesis, Universitas Hasanuddin.

[thumbnail of Cover] Image (Cover)
E021201012_skripsi_04-04-2024 cover1.png

Download (98kB)
[thumbnail of Bab 1-2] Text (Bab 1-2)
E021201012_skripsi_04-04-2024 1-2.pdf

Download (42MB)
[thumbnail of Dapus] Text (Dapus)
E021201012_skripsi_04-04-2024 dp.pdf

Download (8MB)
[thumbnail of Full Text] Text (Full Text)
E021201012_skripsi_04-04-2024.pdf
Restricted to Repository staff only until 27 June 2026.

Download (84MB)

Abstract (Abstrak)

A. NIRMALA. Pola Komunikasi Interpesonal Dinas Komunikasi, Informatika dan Persandian (Diskominfo) Kabupaten Pinrang Dalam Meningkatkan Kinerja. (dibimbing oleh Andi Alimuddin Unde dan Jeanny Maria Fatimah)
Penelitin ini dilaksanakan di Dinas Komunikasi, Informatika dan Persandian (Diskominfo) Kabupaten Pinrang. Tipe Penelitian ini menggunakan pendekatan Kualitatif Deskriptif. Data Primer dikumpulkan dengan wawancara mendalam kepada Objek penelitian Subbagian Umum dan Kepegawaian Dinas Komunikasi, Informatika dan Persandian Kabupaten Pinrang. Data sekunder diperoleh dari studi kepustakaan atau buku, artikel, jurnal dan media yang terkait dalam penelitian ini.
Hasil penelitian ini menunjukkan bahwa pola komunikasi interpersonal kasubag dan staf dalam meningkatkan kinerja pada subbagian umum dan kepegawaian Dinas Komunikasi, informatika dan persandian kabupaten pinrang dengan menerapkan Pola Komunikasi Kesetaraan (Equality Pattern) karena komunikasi Kasubag dan Staf berjalan secara terbuka dan jujur, masing-masing individu baik Kasubag dan Staf memiliki haknya dalam memberikan ide, pendapat dan gagasan. Dengan beberapa faktor pendukung, seperti keterbukaan (Openness), Sikap Saling Mendukung (Supportiveness), Sikap Positif (positiveness), Kesamaan (Equality) dan Sikap Empati (Empathy). Hambatan komunikasi interpersonal Kasubag dan staf dalam meningkatkan kinerja pada subbagian umum dan kepegawaian Dinas Komunikasi, Informatika dan persandian kabupaten pinrang ada beberapa hambatan komunikasi, yaitu: Pertama hambatan fisik (physical noise) hambatan yang berada diluar informan seperti lingkungan sosial tempat informan tinggal. Kedua hambatan fisiologis (physiological noise) hambatan yang berada di dalam diri informan seperti factor usia dan Hambatan Psikologis (Psychological Noise) yang berasal dari diri informan karena mental yang mudah tersinggung.

Kata Kunci : Komunikasi Interpersonal, Pola Komunikasi Interpersonal, Kasubag dan Staf, Diskominfo Kabupaten Pinrang.

Item Type: Thesis (Skripsi)
Uncontrolled Keywords: Interpersonal Communication, Interpersonal Communication Patterns, Head of Subdivision and Staff, Diskominfo Pinrang Regency.
Subjects: H Social Sciences > HE Transportation and Communications
Divisions (Program Studi): Fakultas Ilmu Sosial dan Ilmu Politik > Ilmu Komunikasi
Depositing User: S.Sos Rasman -
Date Deposited: 28 Jun 2024 06:52
Last Modified: 28 Jun 2024 06:52
URI: http://repository.unhas.ac.id:443/id/eprint/34900

Actions (login required)

View Item
View Item