Kecenderungan Mahasiswa FISIP Universitas Hasanuddin Dalam Memanfaatkan Media Sosial Sebagai Sumber Pembelajaran = The Preference of FISIP Hasanuddin University Students to Utilizing Social Media as a Source of Learning


Putri, Nur Aini Febriani (2024) Kecenderungan Mahasiswa FISIP Universitas Hasanuddin Dalam Memanfaatkan Media Sosial Sebagai Sumber Pembelajaran = The Preference of FISIP Hasanuddin University Students to Utilizing Social Media as a Source of Learning. Skripsi thesis, Universitas Hasanuddin.

[thumbnail of Cover]
Preview
Image (Cover)
E021201010_skripsi_04-04-2024 cover1.png

Download (92kB) | Preview
[thumbnail of Bab 1-2] Text (Bab 1-2)
E021201010_skripsi_04-04-2024 1-2.pdf

Download (622kB)
[thumbnail of Dapus] Text (Dapus)
E021201010_skripsi_04-04-2024 dp.pdf

Download (371kB)
[thumbnail of Full Text] Text (Full Text)
E021201010_skripsi_04-04-2024.pdf
Restricted to Repository staff only until 27 June 2026.

Download (966kB)

Abstract (Abstrak)

NUR AINI FEBRIANI PUTRI, Kecenderungan Mahasiswa FISIP Universitas Hasanuddin Dalam Memanfaatkan Media Sosial Sebagai Sumber Pembelajaran. (dibimbing oleh Jeanny Maria Fatimah dan Mursalim).
Tujuan penelitian ini yaitu : (1) Untuk mengetahui kecenderungan mahasiswa FISIP Universitas Hasanuddin dengan pemanfaatan media sosial sebagai sumber pembelajaran, (2) Untuk mengetahui faktor-faktor yang memengaruhi kecenderungan mahasiswa FISIP Universitas Hasanuddin dalam memanfaatkan media sosial sebagai sumber pembelajaran.
Penelitian ini menggunakan metode kuantitatif dengan teknik pengumpulan data menggunakan kuesioner. Populasi dari penelitian ini adalah mahasiswa Fakultas Ilmu Sosial dan Ilmu Politik Universitas Hasanuddin Angkatan 2020, 2021, 2022, 2023. Penentuan jumlah sampel dilakukan menggunakan tabel Isaac dan Michael. Adapun jumlah responden penelitian ditentukan melalui cara probability sampling yakni proportionate stratified random sampling. Penelitian ini menggunakan pendekatan korelasional untuk mengetahui hubungan antara dua variabel.
Hasil penelitian menunjukkan kecenderungan pemanfaatan media sosial sebagai sumber pembelajaran yang ditunjukkan oleh mahasiswa FISIP Universitas Hasanuddin dalam penelitian ini yaitu cukup bermanfaat yang dibuktikan dari tingkat penggunaannya yang termasuk dalam kategori sangat tinggi atau sangat aktif. Semakin aktif maka semakin bermanfaat. Oleh karena itu dapat dikatakan ada hubungan yang signifikan antara kecenderungan mahasiswa FISIP Universitas Hasanuddin dengan pemanfaatan media sosial sebagai sumber pembelajaran. Ada beberapa faktor yang memengaruhi kecenderungan mahasiswa FISIP Universitas Hasanuddin dalam memanfaatkan media sosial sebagai sumber pembelajaran di antaranya adalah media sosial dapat diakses di mana saja, penyaluran dan penemuan informasi yang memiliki hubungan dengan kegiatan pembelajaran, mata kuliah dan tugas dosen serta mencari berita terkini.

Keywords : Kecenderungan, Media Sosial, Mahasiswa, Pembelajaran

Item Type: Thesis (Skripsi)
Uncontrolled Keywords: Preference, Students, Media Social, Learning
Subjects: H Social Sciences > HE Transportation and Communications
Divisions (Program Studi): Fakultas Ilmu Sosial dan Ilmu Politik > Ilmu Komunikasi
Depositing User: S.Sos Rasman -
Date Deposited: 28 Jun 2024 06:46
Last Modified: 28 Jun 2024 06:46
URI: http://repository.unhas.ac.id:443/id/eprint/34898

Actions (login required)

View Item
View Item