Partisipasi Publik dalam Pelaksanaan Program Inkubator UMKM di Dinas Koperasi dan UKM Kota Makassar = Public Participation in the Implementation of the Micro Small Medium Enterprises Incubator Program at the Makassar City Cooperative and Small Medium Enterprises Service


Andini, Andini (2024) Partisipasi Publik dalam Pelaksanaan Program Inkubator UMKM di Dinas Koperasi dan UKM Kota Makassar = Public Participation in the Implementation of the Micro Small Medium Enterprises Incubator Program at the Makassar City Cooperative and Small Medium Enterprises Service. Skripsi thesis, Universitas Hasanuddin.

[thumbnail of Cover] Image (Cover)
E011201046_skripsi_14-05-2024 cover1.png

Download (193kB)
[thumbnail of Bab 1-2] Text (Bab 1-2)
E011201046_skripsi_14-05-2024 1-2.pdf

Download (895kB)
[thumbnail of Dapus] Text (Dapus)
E011201046_skripsi_14-05-2024 dp.pdf

Download (1MB)
[thumbnail of Full Text] Text (Full Text)
E011201046_skripsi_14-05-2024.pdf
Restricted to Repository staff only until 26 June 2026.

Download (2MB)

Abstract (Abstrak)

Partisipasi publik dalam pelaksanaan program memiliki peranan penting karena menyangkut keterlibatan masyarakat dalam agenda pemerintahan. Partisipasi publik dapat mewujudkan keseimbangan antara peran pemerintah dan masyarakat guna menciptakan keberhasilan dalam pelaksanaan suatu program.
Penelitian ini bertujuan untuk mendeskripsikan dan menganalisis Partisipasi Publik dalam Pelaksanaan Program Inkubator UMKM di Dinas Koperasi dan UKM Kota Makassar. Jenis penelitian ini adalah penelitian deskriptif dengan pendekatan kualitatif yang berlokasi di Dinas Koperasi dan UKM Kota Makassar. Adapun informan dalam penelitian ini berjumlah 10 orang yang terdiri atas Dinas Koperasi dan UKM Kota Makassar, pengelola Inkubator UMKM Kota Makassar, pelaku UMKM Kota Makassar dan konsumen. Teknik pengumpulan data dengan observasi, wawancara dan studi dokumentasi.
Hasil penelitian menunjukkan bahwa partisipasi publik dalam pelaksanaan program Inkubator UMKM di Dinas Koperasi dan UKM Kota Makassar masih belum optimal. Hal ini ditandai dengan 1) partisipasi publik dalam pengambilan keputusan menunjukkan masih ada sebagian masyarakat yang membutuhkan bantuan pelatihan peningkatan kualitas usaha, tetapi tidak tahu bagaimana cara menyampaikan kebutuhan tersebut kepada pemerintah. Pemerintah juga tidak melibatkan kehadiran masyarakat dalam rapat pengambilan keputusan pada program Inkubator UMKM Kota Makassar. 2) partisipasi publik dalam pelaksanaan menunjukkan masih ada sebagian masyarakat yang tidak konsisten mengikuti pelatihan dan konsultasi. Selain itu, sosialisasi program juga tidak dilakukan secara rutin dan hanya fokus kepada masyarakat lorong wisata. 3) partisipasi publik dalam manfaat menunjukkan bahwa masyarakat turut merasakan manfaat program Inkubator UMKM secara maksimal dengan merasakan peningkatan pada kualitas usaha, pendapatan, konsumen dan relasi usaha. 4) partisipasi publik dalam evaluasi menunjukkan bahwa pemerintah belum melibatkan kehadiran masyarakat dalam rapat evaluasi program Inkubator UMKM Kota Makassar.

Kata Kunci : Partisipasi Publik, Inkubator UMKM, Usaha Mikro

Item Type: Thesis (Skripsi)
Uncontrolled Keywords: Public Participation, Micro Small Medium Enterprises Incubator, Micro Business
Subjects: H Social Sciences > H Social Sciences (General)
Divisions (Program Studi): Fakultas Ilmu Sosial dan Ilmu Politik > Ilmu Administrasi Publik
Depositing User: S.Sos Rasman -
Date Deposited: 02 Jul 2024 00:32
Last Modified: 02 Jul 2024 00:39
URI: http://repository.unhas.ac.id:443/id/eprint/34870

Actions (login required)

View Item
View Item