MODEL STRATEGI PENINGKATAN PEMAHAMAN PESERTA PROGRAM JAMINAN KESEHATAN NASIONAL (JKN) DI BPJS KESEHATAN KANTOR KEDEPUTIAN WILAYAH IX (SULAWESI SELATAN, SULAWESI BARAT, SULAWESI TENGGARA DAN MALUKU) = STRATEGY MODEL FOR INCREASING UNDERSTANDING OF NATIONAL HEALTH INSURANCE (NHI) PROGRAM PARTICIPANTS IN OFFICE OF BPJS KESEHATAN OF DEPUTY REGION IX (SOUTH SULAWESI, WEST SULAWESI, SOUTHEAST SULAWESI AND MALUKU)


Fitrawan, Ahmad (2024) MODEL STRATEGI PENINGKATAN PEMAHAMAN PESERTA PROGRAM JAMINAN KESEHATAN NASIONAL (JKN) DI BPJS KESEHATAN KANTOR KEDEPUTIAN WILAYAH IX (SULAWESI SELATAN, SULAWESI BARAT, SULAWESI TENGGARA DAN MALUKU) = STRATEGY MODEL FOR INCREASING UNDERSTANDING OF NATIONAL HEALTH INSURANCE (NHI) PROGRAM PARTICIPANTS IN OFFICE OF BPJS KESEHATAN OF DEPUTY REGION IX (SOUTH SULAWESI, WEST SULAWESI, SOUTHEAST SULAWESI AND MALUKU). Thesis thesis, Universitas Hasanuddin.

[thumbnail of Cover]
Preview
Image (Cover)
A012221068_tesis_14-05-2024 cover1.png

Download (120kB) | Preview
[thumbnail of Bab 1-2] Text (Bab 1-2)
A012221068_tesis_14-05-2024 1-2.pdf

Download (1MB)
[thumbnail of Dapus] Text (Dapus)
A012221068_tesis_14-05-2024 dp.pdf

Download (310kB)
[thumbnail of Full Text] Text (Full Text)
A012221068_tesis_14-05-2024.pdf
Restricted to Repository staff only until 21 June 2026.

Download (2MB)

Abstract (Abstrak)

AHMAD FITRAWAN. Model Strategi Peningkatan Pemahaman Peserta Program Jaminan Kesehatan Nasional (JKN) di BPJS Kesehatan Kantor Kedeputian Wilayah IX (Sulawesi Selatan, Sulawesi Barat, Sulawesi Tenggara dan Maluku) (dibimbing oleh Abdul Rahman Kadir dan Mursalim Nohong).
Undang-Undang Nomor 40 Tahun 2004 tentang Sistem Jaminan Sosial Nasional (UU SJSN) secara eksplisit mengamanatkan bahwa setiap orang berhak atas jaminan sosial untuk dapat memenuhi kebutuhan dasar hidup yang layak dan meningkatkan martabatnya menuju terwujudnya masyarakat Indonesia yang sejahtera, adil, dan makmur.. BPJS Kesehatan sebagai Badan Hukum Publik yang diberikan amanah sebagai penyelenggara salah satu program strategis nasional yaitu Jaminan Kesehatan Nasional (JKN) harus senantiasa terus berinovasi di tengah disrupsi yang begitu besar dan sangat cepat. Dalam upaya perluasan kepesertaan atau yang dikenal dengan Universal Health Coverage (UHC), tentu saja bukan hanya sekedar jumlah peserta yang menjadi sasaran namun harus beriringan dengan peningkatan akses dan kualitas layanan serta pemahaman peserta terkait program JKN itu sendiri. Hasil survey tingkat pemahaman peserta JKN terkait hak dan kewajiban serta alur layanan program JKN mengalami fluktuatif di mana pada tahun 2021 terjadi penurunan yang cukup signifikan namun perlahan kembali meningkat pada tahun 2022. Pemberian Informasi Langsung (PIL) kepada peserta JKN merupakan program rutin yang dilakukan BPJS Kesehatan hingga ke pelosok Negeri. Hal yang sama dilakukan di unit kerja Kedeputian Wilayah IX yang meliputi Provinsi Sulawesi Selatan, Sulawesi Barat, Sulawesi Tenggara dan Maluku. Tujuan dari penelitian ini adalah untuk menghasilkan alternatif strategi bagi BPJS Kesehatan Kedeputian Wilayah IX untuk meningkatkan pemahaman peserta program JKN. Perguruan Tinggi sebagai salah satu bagian dari ekosistem JKN memegang peran yang sangat penting. Dibutuhkan adanya kolaborasi antara BPJS Kesehatan dengan Perguruan Tinggi dalam melahirkan ide, inovasi dan strategi dalam menyukseskan program JKN.

Keywords : Jaminan Kesehatan Nasional (JKN), Pemahaman. Strategi

Item Type: Thesis (Thesis)
Uncontrolled Keywords: National Health Insurance (NHI), Understanding, Strategy.
Subjects: H Social Sciences > HB Economic Theory
Divisions (Program Studi): Fakultas Ekonomi > Manajemen
Depositing User: S.Sos Rasman -
Date Deposited: 28 Jun 2024 01:26
Last Modified: 28 Jun 2024 01:26
URI: http://repository.unhas.ac.id:443/id/eprint/34778

Actions (login required)

View Item
View Item