Pengembangan Hydrogel Forming Microneedles Terintegrasi Cyclodextrin Drug Reservoir Sebagai Peningkat Penghantaran Transdermal Telmisartan = Development of Hydrogel Forming Microneedles Integrated Cyclodextrin Drug Reservoir as Telmisartan Transdermal Delivery Enhancer


Enggi, Cindy Kristina (2024) Pengembangan Hydrogel Forming Microneedles Terintegrasi Cyclodextrin Drug Reservoir Sebagai Peningkat Penghantaran Transdermal Telmisartan = Development of Hydrogel Forming Microneedles Integrated Cyclodextrin Drug Reservoir as Telmisartan Transdermal Delivery Enhancer. Thesis thesis, Universitas Hasanuddin.

[thumbnail of Cover]
Preview
Image (Cover)
N012221036_tesis_02-05-2024 cover1.png

Download (134kB) | Preview
[thumbnail of Bab 1-2] Text (Bab 1-2)
N012221036_tesis_02-05-2024 1-2.pdf

Download (1MB)
[thumbnail of Dapus] Text (Dapus)
N012221036_tesis_02-05-2024 dp.pdf

Download (358kB)
[thumbnail of Full Text] Text (Full Text)
N012221036_tesis_02-05-2024.pdf
Restricted to Repository staff only until 2 April 2026.

Download (2MB)

Abstract (Abstrak)

Telmisartan (TEL) merupakan agen antihipertensi yang menjanjikan di antara obat golongan Angiotensin Receptor Blocker lainnya. Namun, aplikasi oral TEL terbatas oleh kelarutan air yang rendah. Penelitian ini menyajikan keberhasilan penggunaan hydrogel forming microneedles (HFMN) yang terintegrasi dengan reservoir tablet untuk penghantaran transdermal TEL. Kombinasi polivinil pirrolidon (PVP), polivinil alkohol (PVA), dan asam tartrat digunakan dalam formulasi HFMN. Variasi suhu dan waktu crosslinking digunakan untuk mengoptimalkan karakteristik HFMN. Selain itu, karakteristik kelarutan TEL yang rendah diatasi melalui formulasi kompleks inklusi dengan β-cyclodextrin (βCD). Reservoir tablet yang mengandung kompleks inklusi telmisartan diformulasi menggunakan variasi konsentrasi sodium starch glycolate sebagai disintegrant. Pengujian permeasi ex vivo kemudian dilakukan terhadap HFMN terintegrasi reservoir tablet. HFMN menunjukkan kapasitas swelling, kekuatan mekanik, dan insersi yang sangat baik. HFMN mampu menembus lapisan Parafilm® setara dengan 630 µm, membuktikan bahwa HFMN dapat menembus lapisan stratum corneum dan epidermis. Aplikasi HFMN tidak berpotensi mengiritasi karena memiliki nilai pH yang sesuai dengan pH kulit normal. Rasio TEL: βCD (1:4 mM) menunjukkan peningkatan kelarutan TEL tertinggi. Pembentukan kompleks inklusi dikonfirmasi melalui studi FTIR, XRD, dan molecular docking. Peningkatan profil pelepasan TEL yang signifikan (hingga 20 kali lipat) dari kompleks inklusi diamati dalam studi pelepasan in vitro. Reservoir tablet menunjukkan karakteristik kekerasan dan waktu melarut tablet yang baik. Kombinasi optimal dari HFMN terintegrasi reservoir tablet menunjukkan profil permeasi ex vivo sebesar 83.27±2.40%. Secara keseluruhan, penelitian ini menampilkan potensi sistem HFMN terintegrasi reservoir tablet sebagai platform serbaguna untuk aplikasi penghantaran obat transdermal.

Keywords : cyclodextrin, hipertensi, hydrogel forming microneedles, reservoir tablet, telmisartan.

Item Type: Thesis (Thesis)
Uncontrolled Keywords: Cyclodextrin, hydrogel forming microneedles, hypertension, tablet reservoir, telmisartan.
Subjects: R Medicine > RS Pharmacy and materia medica
Divisions (Program Studi): Fakultas Farmasi > Ilmu Farmasi
Depositing User: S.Sos Rasman -
Date Deposited: 28 Jun 2024 02:08
Last Modified: 28 Jun 2024 02:08
URI: http://repository.unhas.ac.id:443/id/eprint/34740

Actions (login required)

View Item
View Item