PERAN PENGENDALIAN INTERNAL TERHADAP HUBUNGAN ANTARA KOMITMEN ORGANISASI, BUDAYA ORGANISASI, DAN KOMPETENSI DENGAN GOOD GOVERNANCE


JEFRI, RINY (2018) PERAN PENGENDALIAN INTERNAL TERHADAP HUBUNGAN ANTARA KOMITMEN ORGANISASI, BUDAYA ORGANISASI, DAN KOMPETENSI DENGAN GOOD GOVERNANCE. Disertasi thesis, Universitas Hasanuddin.

[thumbnail of Cover]
Preview
Image (Cover)
19_P0500313416_Cover1.jpg

Download (5kB) | Preview
[thumbnail of Bab 1-2] Text (Bab 1-2)
19_P0500313416(FILEminimizer)..Ok 1-2.pdf

Download (1MB)
[thumbnail of Dapus] Text (Dapus)
19_P0500313416(FILEminimizer)..Ok dapus-lam.pdf

Download (1MB)
[thumbnail of Full Text] Text (Full Text)
19_P0500313416(FILEminimizer)..Ok.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (2MB)

Abstract (Abstrak)

RINY JEFRI. Peran Pengendalian Internal terhadap Hubungan antara Komitmen Organisasi, Budaya Organisasi, dan Kompetensi dengan Good Governance (dibimbing oleh Gagaring Pagalung, Harryanto, dan Grace T. Pontoh).
Penelitian ini bertujuan untuk melihat peran pengendalian internal yang tercermin melalui lingkungan pengendalian, penilaian resiko, kegiatan pengendalian, informasi dan komunikasi serta pemantauan sebagai penghubung antara komitmen organisasi, budaya organisasi, dan kompetensi dengan tercapainya good governance dalam perguruan tinggi negeri.
Populasi penelitian adalah dosen, staf, dan mahasiswa dari seluruh perguruan tinggi negeri di Indonesia di bawah naungan Kementrian Riset, Teknologi dan Pendidikan Tinggi. Sampel sebanyak 326 responden. Data dianalisis menggunakan metode structural equation modeling (SEM) dengan analisis jalur.
Hasil penelitian menunjukkan bahwa: (1) komitmen organisasi, budaya organisasi, dan kompetensi sumber daya manusia memiliki hubungan positif dan signifikan terhadap pengendalian internal; (2) komitmen organisasi, budaya organisasi, dan kompetensi sumber daya manusia memiliki hubungan yang tidak signifikan terhadap good governance; (3) pengendalian internal memiliki hubungan positif dan signifikan terhadap good governance; dan (4) pengendalian internal memiliki efek mediasi terhadap komitmen organisasi, budaya organisasi, dan kompetensi sumber daya manusia dengan good governance. Selain itu, hasil penelitian ini menunjukkan penguatan terhadap teori stewardship yang menyatakan bahwa pengendalian internal memiliki peran penting dalam menciptakan good governance.
Kata kunci: pengendalian internal, stewardship, good governance

Item Type: Thesis (Disertasi)
Subjects: H Social Sciences > HB Economic Theory
Depositing User: S.Sos Rasman -
Date Deposited: 18 Mar 2021 00:37
Last Modified: 18 Mar 2021 00:37
URI: http://repository.unhas.ac.id:443/id/eprint/3466

Actions (login required)

View Item
View Item