EFEKTIVITAS KINERJA POLISI KEHUTANAN DALAM PERLINDUNGAN DAN PENGAMANAN HUTAN DI UPT KPH BULUSARAUNG STUDI KASUS: DI RESORT TOMPOBULU = Effectiveness Of Forestry Police Performance In Forest Protection And Security At The UPT KPH Bulusaraung Case Study: In Tompobulu Resort


Rahmiawati, Vika (2023) EFEKTIVITAS KINERJA POLISI KEHUTANAN DALAM PERLINDUNGAN DAN PENGAMANAN HUTAN DI UPT KPH BULUSARAUNG STUDI KASUS: DI RESORT TOMPOBULU = Effectiveness Of Forestry Police Performance In Forest Protection And Security At The UPT KPH Bulusaraung Case Study: In Tompobulu Resort. Skripsi thesis, Universitas Hasanuddin.

[thumbnail of Cover] Image (Cover)
M011191072_skripsi_15-02-2024 cover1.png

Download (156kB)
[thumbnail of Bab 1-2] Text (Bab 1-2)
M011191072_skripsi_15-02-2024 1-2.pdf

Download (618kB)
[thumbnail of Dapus] Text (Dapus)
M011191072_skripsi_15-02-2024 dp.pdf

Download (1MB)
[thumbnail of Full Text] Text (Full Text)
M011191072_skripsi_15-02-2024.pdf
Restricted to Repository staff only until 13 June 2026.

Download (2MB)

Abstract (Abstrak)

Hutan memiliki kekayaan alam yang perlu dilindungi. Keberadaan hutan mengalami tekanan karena pemanfaatan yang menyebabkan kerusakan hutan. Perlindungan dan pengamanan hutan merupakan tugas pokok polisi kehutanan. UPT KPH Bulusaraung merupakan instansi pemerintah yang bertanggung jawab dibidang perlindungan dan pengamanan yang terdiri dari empat resort salah satunya adalah Resort Tompobulu. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui karakteristik internal dan eksternal polisi kehutanan serta untuk menganalisis efektivitas kinerja polisi kehutanan dalam pelaksanaan tugas pokoknya di Kesatuan Pengelolaan Hutan (KPH) Bulusaraung, Resort Tompobulu. Populasi dalam penelitian ini sebanyak 10 orang polisi kehutanan di Resort Tompobulu. Data dikumpulkan melalui beberapa teknik yaitu observasi, wawancara, dokumentasi dan kajian pustaka. Hasil penelitian menunjukkan bahwa karakteristik internal dan eksternal polisi kehutanan di Resort Tompobulu UPT KPH Bulusaraung cukup baik utamanya pada umur, pendidikan formal, masa kerja, pengetahuan tugas pokok, jumlah kompensasi dan intensitas supervisi. Namun karakteristik ini masih kurang didukung dari pendidikan non formal, tingkat kebutuhan hidup, pengakuan keberhasilan dan ketersediaan sarana dan prasarana. Efektivitas kinerja polisi kehutanan di Resort Tompobulu UPT KPH Bulusaraung dalam melaksanakan tugas pokoknya cenderung intensif pada perencanaan dan pelaksanaan. Sedangkan kegiatan pengembangan, pemantauan dan evaluasi masih kurang karena belum adanya polisi kehutanan yang memiliki kewajiban sebagai pelaksana kegiatan.

Keywords : Protection, security, forest police, FMUs

Item Type: Thesis (Skripsi)
Uncontrolled Keywords: Perlindungan, Pengamanan, Polisi Kehutanan, KPH
Subjects: S Agriculture > SD Forestry
Divisions (Program Studi): Fakultas Kehutanan > Kehutanan
Depositing User: S.Sos Rasman -
Date Deposited: 27 Jun 2024 06:18
Last Modified: 27 Jun 2024 06:18
URI: http://repository.unhas.ac.id:443/id/eprint/34655

Actions (login required)

View Item
View Item