PENGARUH AUDIT INTERNAL DAN KOMPETENSI SUMBER DAYA MANUSIA TERHADAP KUALITAS LAPORAN KEUANGAN PEMERINTAH DAERAH DENGAN KOMITMEN ORGANISASI SEBAGAI VARIABEL INTERVENING PADA PEMERINTAH KABUPATEN PULAU TALIABU


Helda, Wa Ode (2024) PENGARUH AUDIT INTERNAL DAN KOMPETENSI SUMBER DAYA MANUSIA TERHADAP KUALITAS LAPORAN KEUANGAN PEMERINTAH DAERAH DENGAN KOMITMEN ORGANISASI SEBAGAI VARIABEL INTERVENING PADA PEMERINTAH KABUPATEN PULAU TALIABU. Thesis thesis, Universitas Hasanuddin.

[thumbnail of Cover]
Preview
Image (Cover)
A042221014_tesis_29-01-2024 cover1.png

Download (172kB) | Preview
[thumbnail of Bab 1-2] Text (Bab 1-2)
A042221014_tesis_29-01-2024 1-2.pdf

Download (1MB)
[thumbnail of Dapus] Text (Dapus)
A042221014_tesis_29-01-2024 dp.pdf

Download (252kB)
[thumbnail of Full Text] Text (Full Text)
A042221014_tesis_29-01-2024.pdf
Restricted to Repository staff only until 1 January 2026.

Download (2MB)

Abstract (Abstrak)

Wa Ode Helda. Pengaruh Audit Internal dan Kompetensi Sumber Daya Manusia Terhadap Kualitas Laporan Keuangan Pemerintah Daerah Dengan Komitmen Organisasi Sebagai Variabel Intervening Pada Pemerintah Kabupaten Pulau Taliabu (dibimbing oleh Mursalim Nohong dan Nur Dwiana Sari Saudi)

Tujuan dari penelitian ini adalah untuk memberikan bukti empiris tentang pengaruh audit internal, kompetensi sumber daya manusia, dan komitmen organisasi terhadap kualitas laporan keuangan pemerintah daerah. Studi ini dilakukan di Kabupaten Pulau Taliabu dengan populasi penelitian yaitu auditor internal pemerintah daerah. Pemilihan sampel menggunakan teknik purposive sampling dengan kuesioner sebagai instrumen pengumpulan data. 22 kuesioner yang kembali dan siap diolah, dengan tingkat pengembalian 100%. Model penelitian diuji secara empiris menggunakan menggunakan model persamaan struktural (SEM) dengan SmartPLS sebagai alat analisis. Hasil penelitian ini menunjukkan pengaruh positif dan signifikan audit internal, kompetensi SDM dan komitmen organisasi terhadap kualitas laporan keuangan. . Selain itu, kompetensi organisasi terbukti secara empiris menjadi mediator antara hubungan audit internal dan kompetensi SDM terhadap kualitas laporan keuangan. Teori stewardship dan goal setting mempunyai peran penting dalam mendasari praktik transparansi dan akuntabilitas pengelolaan sumber daya publik. Penelitian ini diharapkan dapat memberikan kontribusi dalam meningkatkan transparansi, akuntabilitas, dan efektivitas pengelolaan keuangan pemerintah daerah. Implikasi penelitian ini dapat membantu auditor internal pemerintah daerah di Kabupaten Pulau Taliabu dalam menjalankan fungsi kontrol internal terhadap pengelolaah sumber daya publik untuk meningkatkan kualitas laporan keuangan dan memperbaiki reputasi serta kepercayaan masyarakat.

Item Type: Thesis (Thesis)
Uncontrolled Keywords: Kualitas Laporan Keuangan Daerah, Audit Internal, Kompetensi SDM, Komitmen Organisasi
Subjects: H Social Sciences > HB Economic Theory
Divisions (Program Studi): Fakultas Ekonomi > Keuangan Daerah
Depositing User: S.I.P Zohrah Djohan
Date Deposited: 27 Jun 2024 02:39
Last Modified: 27 Jun 2024 02:39
URI: http://repository.unhas.ac.id:443/id/eprint/34634

Actions (login required)

View Item
View Item