Megawati, Megawati (2024) PENGARUH GAYA KEPEMIMPINAN DAN KUALITAS PELAYANAN INTERNAL TERHADAP KEPUASAN KERJA PEGAWAI DI RSUD DAYA KOTA MAKASSAR = THE INFLUENCE OF LEADERSHIP STYLE AND INTERNAL SERVICE QUALITY ON EMPLOYEES JOB SATISFACTION AT DAYA GENERAL HOSPITAL MAKASSAR. Thesis thesis, Universitas Hasanuddin.
K022211024_tesis_13-03-2024 cover1.png
Download (230kB) | Preview
K022211024_tesis_13-03-2024 1-2.pdf
Download (1MB)
K022211024_tesis_13-03-2024 dp.pdf
Download (1MB)
K022211024_tesis_13-03-2024.pdf
Restricted to Repository staff only until 6 June 2026.
Download (4MB)
Abstract (Abstrak)
MEGAWATI, Pengaruh Gaya Kepemimpinan dan Kualitas Pelayanan Internal Terhadap Kepuasan Kerja Pegawai di RSUD Daya Kota Makassar (dibimbing oleh Alimin Maidin dan Andi Indahwaty Sidin).
Latar Belakang. Gaya kepemimpinan transformasional memainkan peran penting, dalam mempengaruhi kepuasan kerja sebagai outcome bagi pegawai di rumah sakit. Gaya kepemimpinan transformasional mempengaruhi karyawan untuk meningkatkan kinerja dan kualitas pelayanan kepada pelanggan internal dan eksternal sejalan dengan visi dan misi rumah sakit serta tuntutan perubahan zaman. Tujuan. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui dan menganalisis jalur efektif pengaruh gaya kepemimpinan dan kualitas layanan internal terhadap kepuasan kerja pegawai di RSUD Daya Kota Makassar. Metode. Jenis penelitian yang dilakukan adalah penelitian kuantitatif menggunakan desain cross sectional study. Data dikumpulkan dari 243 pegawai RSUD Daya Kota Makassar yang dipilih secara stratified random sampling untuk kemudian dianalisis menggunakan Structural Equation Modelling- Partial Least Square (SEM-PLS). Hasil. Di antara ketiga gaya kepemimpinan yang dievaluasi, gaya kepemimpinan transformasional adalah yang paling efektif. Kualitas layanan internal (t statistic 33,832; p < 0,000; coefficient 0,805) dan kepuasan kerja (t statistic 3,679; p < 0,000; βcoefficient 0,329) dipengaruhi oleh gaya kepemimpinan transformasional), kepuasan kerja dipengaruhi oleh kualitas layanan internal (t statistic 5,446; p < 0,000; βcoefficient 0,473) dan kepuasan kerja dipengaruhi oleh gaya kepemimpinan transformasional melalui kualitas layanan internal (t statistic 5,217; p < 0,000; βcoefficient 0,380). Kesimpulan. Salah satu model terbaik untuk meningkatkan kepuasan kerja adalah gaya kepemimpinan melalui kualitas layanan internal. Pimpinan rumah sakit harus memotivasi diri untuk menerapkan gaya transformasional dan meningkatkan kualitas layanan internal untuk meningkatkan kepuasan kerja.
Keywords : Gaya Kepemimpinan Transformasional; Kualitas Layanan Internal; Kepuasan Kerja
Item Type: | Thesis (Thesis) |
---|---|
Uncontrolled Keywords: | Transformational Leadership Style, Internal Service Quality, Job Satisfaction |
Subjects: | Q Science > Q Science (General) |
Divisions (Program Studi): | Fakultas Kesehatan Masyarakat > Administrasi Rumah Sakit |
Depositing User: | S.Sos Rasman - |
Date Deposited: | 07 Jun 2024 07:23 |
Last Modified: | 07 Jun 2024 07:23 |
URI: | http://repository.unhas.ac.id:443/id/eprint/34524 |