Evawaty, Evawaty (2023) INTERVENSI EDUKASI DAN PENDAMPINGAN TERHADAP PENINGKATAN KOMPETENSI IBU DALAM PEMBERIAN MP ASI LOKAL PADA ANAK BADUTA DI KABUPATEN MAJENE, PROVINSI SULAWESI BARAT = EDUCATIONAL AND MENTORING INTERVENTION TO INCREASING MOTHER'S COMPETENCY IN PROVIDING LOCAL MP-ASI TO ADULT CHILDREN IN MAJENE DISTRICT, WEST SULAWESI PROVINCE. Disertasi thesis, Universitas Hasanuddin.
K013201017_disertasi_24-01-2024 cover1.png
Download (252kB) | Preview
K013201017_disertasi_24-01-2024 1-2.pdf
Download (1MB)
K013201017_disertasi_24-01-2024 dp.pdf
Download (2MB)
K013201017_disertasi_24-01-2024.pdf
Restricted to Repository staff only until 5 June 2026.
Download (7MB)
Abstract (Abstrak)
EVAWATY, Intervensi Edukasi dan Pendampingan Terhadap Peningkatan Kompetensi Ibu dalam Pemberian MP-ASI Lokal pada Anak Baduta di Kabupaten Majene Provinsi Sulawesi Barat. (Dibimbing oleh Nurhaedar Jafar, Healthy Hidayanty dan Sudirman Natsir).
Intervensi Edukasi dan Pendampingan untuk meningkatkan kompetensi ibu dalam memberikan MP-ASI lokal kepada anak baduta di Kabupaten Majene, Sulawesi Barat, yang berdampak terhadap peningkatan Berat Badan baduta. Penelitian ini menggunakan pendekatan Mixed Method Exploratory dalam tiga tahap: Kualitatif dengan fenomenologi pada tahap I, dan kuantitatif dengan quasi eksperimental design pada tahap II dan III. Edukasi kelompok, menggunakan metode demo masak dan emo-demo, menjadi fokus intervensi ini, melibatkan 123 informan dan 184 responden. Analisis data kualitatif menggunakan software NVivo 12 Plus dan uji repeated measure ANOVA dengan JASP untuk data kuantitatif. Pada tahap I, situasi yang mendukung dihasilkan melalui peningkatan fungsi posyandu dengan keterlibatan kader, pemanfaatan langurru’ dan lallere’ sebagai pangan keluarga lokal, serta perlibatan pengasuh sebagai bentuk family empowerment. Dihasilakn tiga buku panduan, yakni demo masak, emo-demo, dan MP-ASI lokal Majene.Tahap II menunjukkan homogenitas karakteristik ibu dan pengaruh positif dari edukasi kelompok beserta buku panduan. Metode demo masak dalam waktu relatif singkat terbukti lebih efektif (P<0.01) daripada emo-demo. Pada tahap III, pengukuran kepatuhan pemberian MP-ASI menggunakan resep memberikan dampak signifikan pada kenaikan BB/U pada baduta.
Kesimpulannya, intervensi ini berhasil meningkatkan kompetensi ibu, membentuk pola pemberian MP-ASI, dan yang berkontribusi pada peningkatan status gizi. Saran diberikan untuk menggabungkan metode demo masak dan emo-demo dalam meningkatkan kompetensi ibu dalam memberikan MP-ASI.
Kata Kunci: Edukasi kelompok, demo masak, emo-demo, peningkatan kompetensi Ibu, MP-ASI Lokal,
Item Type: | Thesis (Disertasi) |
---|---|
Uncontrolled Keywords: | Education Groups, Cooking Demos and Demos Improvements Maternal Competence, Local MP-ASI |
Subjects: | Q Science > Q Science (General) |
Divisions (Program Studi): | Fakultas Kesehatan Masyarakat > Kesehatan Masyarakat |
Depositing User: | S.Sos Rasman - |
Date Deposited: | 07 Jun 2024 07:55 |
Last Modified: | 07 Jun 2024 07:55 |
URI: | http://repository.unhas.ac.id:443/id/eprint/34503 |