Safitri, Andriani Yulia (2024) PENGARUH PENGGUNAAN SISTEM PEMBELAJARAN STUNTING (SI. PENTING) TERHADAP PENGETAHUAN DAN SIKAP IBU BALITA STUNTING = THE EFFECT OF USING THE STUNTING LEARNING SYSTEM (SI. IMPORTANT) TO THE KNOWLEDGE AND ATTITUDES OF STUNTING MOTHERS. Thesis thesis, Universitas Hasanuddin.
P102212019_tesis_26-02-2024 cover1.png
Download (180kB) | Preview
P102212019_tesis_26-02-2024 1-2.pdf
Download (863kB)
P102212019_tesis_26-02-2024 dp.pdf
Download (3MB)
P102212019_tesis_26-02-2024.pdf
Restricted to Repository staff only until 1 January 2026.
Download (6MB)
Abstract (Abstrak)
ABSTRAK ANDRIANI YULIA SAFITRI. Pengaruh penggunaan sistem pembelajaran stunting (SI PENTING) terhadap pengetahuan dan sikap ibu balita stunting (dibimbing oleh Syafruddin Syarif dan Yusring Sanusi Baso) Tujuan mengetahui pengaruh penggunaan sistem pembelajaran stunting (SI PENTING) terhadap pengetahuan dan sikap ibu balita stunting. Metode Research and development (R&D) dengan pengembagan Brog & Gall dan metode kuantitatif preexperimental Design,one grup pretest-posttest. penelitian di Puskesmas lambuya, populasi seluruh ibu yang memiliki balita stunting, sampel total sampling jumlah 54 ibu balita stunting. Intervensi di berikan SI PENTING berbasis web2 kali selama sepekan selama 4 pekan. Analisis data menggunakan uji Wilcoxon dan uji mann whitney. Hasil validasi ahli media 4,74, ahli materi 4,56 artinya media dan materi sangat layak di gunakan. Data analisis dengan menggunakan uji statistic Wilcoxon. Hasil, dari hasil menunjukan bahwa pengetahuan ibu balita stunting menunjukan pre post pada minggu ke dua dengan nilai mean renk (19,00) dan pre post pengetahuan minggu ke empat dengan mean renk (21,50) nilai p=0,001. Pre post sikap minggu ke dua dengan nilai mean renk (19,93) dan pre post sikap pada minggu ke empat dengan nilai mean renk (25,50) nilai p=0,001. Yang artinya secara statistik ada pengaruh penggunaan sistem pembelajaran stunting SI PENTING terhadap pengetahuan dan sikap ibu balita stunting. Dengan menggunakan uji mann whitney post test pengetahuan ibu balita stunting minggu ke dua dengan nilai mean renk (40,15) dan minggu ke empat (68,85) dan sikap ibu balita stinting minggu ke dua nilai mean renk (40,40) dan minggu ke empat (68,60) nilai p=0,001. Yang secara statistic ada perbedaan pengetahuan dan sikap minggu ke dua dan minggu ke empat pada ibu balita stunting. Kesimpulan, terdapat pengaruh penggunaan sistem pembelajaran stinting SI PENTING terhadap pengetahuan dan sikap ibu balita stunting dan terdapat perbedaan pengetahuan dan sikap antara minggu ke dua dan minggu ke empat
Kata kunci : Pengetahuan, Sikap, SI PENTING
Item Type: | Thesis (Thesis) |
---|---|
Uncontrolled Keywords: | Knowledge, Attitude, IMPORTANCE |
Subjects: | R Medicine > R Medicine (General) |
Divisions (Program Studi): | Program Pascasarjana > Ilmu Kebidanan |
Depositing User: | Andi Milu |
Date Deposited: | 20 Jun 2024 02:03 |
Last Modified: | 20 Jun 2024 06:26 |
URI: | http://repository.unhas.ac.id:443/id/eprint/34482 |