Tingkat Pelayanan Jalan Nasional Ruas Batas Kota Mamuju-Bandara Tampa Padang, Provinsi Sulawesi Barat


Usman, Arif Fuddin (2024) Tingkat Pelayanan Jalan Nasional Ruas Batas Kota Mamuju-Bandara Tampa Padang, Provinsi Sulawesi Barat. Thesis thesis, Universitas Hasanuddin.

[thumbnail of Bab 1-2] Text (Bab 1-2)
P092192002_tesis_21-03-2024 1-2.pdf

Download (2MB)
[thumbnail of Cover]
Preview
Image (Cover)
P092192002_tesis_21-03-2024 cover1.png

Download (698kB) | Preview
[thumbnail of Daftar pustaka] Text (Daftar pustaka)
P092192002_tesis_21-03-2024 dp.pdf

Download (393kB)
[thumbnail of Full text] Text (Full text)
P092192002_tesis_21-03-2024.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (4MB)

Abstract (Abstrak)

Penelitian ini bertujuan menganalisis kepadatan lalulintas sehingga mempengaruhi tingkat pelayanan jalan di Jalan Nasional yang menghubungkan Kota Mamuju dengan Bandara Tampa Padang di Provinsi Sulawesi Barat. Jenis penelitian ini deskriptif dengan pendekatan kualitatif menggunakan Metode Manual Kapasitas Jalan Indonesia (MKJI) 1997. Hasil penelitian menyatakan arus lalu lintas harian (LHR) puncak di titik pantau 1
terjadi pukul 07.00-08.00 Wita dengan volume 1141,5 smp/jam, titik pantau 2 pukul 16.00-17.00 Wita dengan volume 770,9 smp/jam, dan titik pantau 3 pukul 16.00-17.00 Wita dengan volume 277,1 smp/jam. Kapasitas jalan di titik 1, titik 2 bernilai 2.970 smp/jam (2/2 UD) dan titik 3 bernilai 3.069 smp/jam tipe 4/2 D. Volume Capacity Ratio (VCR) pada titik 1 dengan nilai VCR rata-rata 0,30 (VCR < 1) di level of service ‘B’. Nilai VCR rata-rata di titik 2 bernilai 0,18 di level of service ‘A’ (VCR < 1). Nilai VCR rata-rata di titik 3 bernilai 0,07 di
level ‘A’ (VCR < 1). Prediksi kinerja jalan dengan pertumbuhan 4% tahun 2050 di titik 1 rata-rata ITP adalah E dengan VCR rata-rata 0,84. VCR >1 diprediksi tahun 2056. Untuk titik pantau 2, ITP rata-rata C dengan VCR rata-rata 0,51 dan VCR > 1 terjadi tahun 2075. Sedangkan di titik pantau 3, ITP rata-rata 0,21 dengan nilai B dan VCR > 1 terjadi di tahun 2100. Prediksi kinerja ruas jalan dengan pertumbuhan 6% tahun 2050 di titik sampling 1 nilai ITP ratarata 1,3 atau nilai F, maka VCR>1. Untuk titik pantau 2 nilai ITP rata-rata 0,83
atau D, maka VCR > 1 terjadi tahun 2054. Sedangkan di titik pantau 3, ITP rata-rata 0,34 atau nilai B, maka VCR > 1 terjadi tahun 2090.

Item Type: Thesis (Thesis)
Uncontrolled Keywords: Volume Lalulintas, Kapasitas Jalan, Tingkat Pelayanan Jalan, Kecepatan Kendaraan
Subjects: T Technology > TA Engineering (General). Civil engineering (General)
Divisions (Program Studi): Program Pascasarjana > Teknik Transportasi
Depositing User: Andi Milu
Date Deposited: 07 Jun 2024 08:13
Last Modified: 07 Jun 2024 08:13
URI: http://repository.unhas.ac.id:443/id/eprint/34410

Actions (login required)

View Item
View Item