Determinan Jumlah Pembelian Telur Ayam Buras di Pasar Terong Kota Makassar = Determinant Amount of Purchases of Free-Range Chicken Eggs in Terong Market Makassar City


Afiah, Nur Ainun (2024) Determinan Jumlah Pembelian Telur Ayam Buras di Pasar Terong Kota Makassar = Determinant Amount of Purchases of Free-Range Chicken Eggs in Terong Market Makassar City. Skripsi thesis, Universitas Hasanuddin.

[thumbnail of Cover] Image (Cover)
I011191067_skripsi_18-03-2024 cover1.png

Download (127kB)
[thumbnail of Bab 1-2] Text (Bab 1-2)
I011191067_skripsi_18-03-2024 1-2.pdf

Download (656kB)
[thumbnail of Dapus] Text (Dapus)
I011191067_skripsi_18-03-2024 dp.pdf

Download (977kB)
[thumbnail of Full Text] Text (Full Text)
I011191067_skripsi_18-03-2024.pdf
Restricted to Repository staff only until 19 February 2026.

Download (1MB)

Abstract (Abstrak)

Pertumbuhan populasi penduduk dan tingginya kesadaran masyarakat akan pola hidup seimbang sehingga tingkat konsumsi masyarakat jug terus meningkat, salah satunya konsumsi telur ayam buras. Telur ayam buras merupakan salah satu sumber protein hewani yang banyak dikonsumsi masyarakat dalam jumlah terbatas. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui hubungan determinan yang berkaitan dengan jumlah pembelian telur ayam buras di Pasar Terong Kota Makassar. Penelitian dilaksanakan pada September-Oktober 2023. Populasi penelitian ini adalah 960 orang yang membeli telur ayam buras dengan pengambilan sampel sebanyak 90 orang menggunakan rumus slovin. Jenis penelitian yang digunakan yaitu penelitian kuantitatif eksplanatori dengan analisis korelasi rank spearman. Metode penelitian yang digunakan yaitu survei menggunakan kuesioner kepada responden yang merupakan pembeli telur ayam buras dalam satu bulan terakhir. Fokus penelitian meliputi harga, pendapatan, tanggungan keluarga, usia, lama pendidikan, dan tujuan pemanfaatan telur ayam buras. Hasil penelitian ini diperoleh variabel pendapatan dan tanggungan keluarga memiliki hubungan yang berkorelasi dengan jumlah pembelian telur ayam buras. Sebaliknya, untuk variabel harga, usia, dan lama pendidikan tidak memiliki korelasi dengan jumlah pembelian. Selain itu, responden membeli telur ayam buras bertujuan sebagai penambah energi, pelengkap jamu, upacara adat, dan digunakan sebagai alternatif obat tradisional.

Keywords : Determinan, jumlah pembelian, konsumsi, telur ayam buras, tujuan pemanfaatan

Item Type: Thesis (Skripsi)
Uncontrolled Keywords: Determinants, purchase amount, consumption, free-range chicken eggs, purpose of utilisation
Subjects: S Agriculture > S Agriculture (General)
Divisions (Program Studi): Fakultas Peternakan > Peternakan
Depositing User: S.Sos Rasman -
Date Deposited: 25 Jun 2024 00:21
Last Modified: 25 Jun 2024 00:21
URI: http://repository.unhas.ac.id:443/id/eprint/34268

Actions (login required)

View Item
View Item