ANALISIS SEGMENTASI DAN PREFERENSI KONSUMEN DALAM KEPUTUSAN PEMBELIAN SAYURAN SEGAR DI PASAR TRADISIONAL DAN PASAR MODERN DI KOTA MAKASSAR = SEGMENTATION ANALYSIS AND CONSUMER PREFERENCES IN DECISIONS TO PURCHASE FRESH VEGETABLES IN TRADITIONAL MARKETS AND MODERN MARKETS IN MAKASSAR CITY


Lisdayanti, Lisdayanti (2023) ANALISIS SEGMENTASI DAN PREFERENSI KONSUMEN DALAM KEPUTUSAN PEMBELIAN SAYURAN SEGAR DI PASAR TRADISIONAL DAN PASAR MODERN DI KOTA MAKASSAR = SEGMENTATION ANALYSIS AND CONSUMER PREFERENCES IN DECISIONS TO PURCHASE FRESH VEGETABLES IN TRADITIONAL MARKETS AND MODERN MARKETS IN MAKASSAR CITY. Thesis thesis, Universitas Hasanuddin.

[thumbnail of Cover]
Preview
Image (Cover)
P042191027_tesis_26-02-2024 cover1.png

Download (109kB) | Preview
[thumbnail of Bab 1-2] Text (Bab 1-2)
P042191027_tesis_26-02-2024 1-2.pdf

Download (592kB)
[thumbnail of Dapus] Text (Dapus)
P042191027_tesis_26-02-2024 dp.pdf

Download (727kB)
[thumbnail of FUll text] Text (FUll text)
P042191027_tesis_26-02-2024.pdf
Restricted to Repository staff only until 1 January 2026.

Download (2MB)

Abstract (Abstrak)

LISDAYANTI. Analisis Segmentasi dan Preferensi Konsumen dalam Keputusan Pembelian Sayuran Segar di Pasar Tradisional dan Pasar Modern di Kota Makassar Distribusi sayuran segar di Makassar saat ini dominan terserap pada pasar tradisional, dimana sistem pemasaran yang dimiliki masih sederhana. Tidak sedikit counter sayuran segar di pasar modern yang ditutup akibat kalah bersaing dengan pasar tradisional. Agar dapat bersaing dengan pasar tradisional pengusaha pasar modern sebaiknya mengetahui segmentasi sayuran segar. Manfaat dengan dilakukannya segmentasi pasar, antara lain yaitu perusahaan akan dapat mendeteksi secara dini dan tepat mengenai kecenderungan dalam pasar yang sering berubah. Selain itu juga harus mengetahui preferensi atau kecenderungan konsumen dalam memilih pasar tempat membeli sayuran segar. Masing-masing konsumen memiliki preferensi sendiri sebelum memutuskan jenis sayuran segar yang akan dibeli dan pasar mana yang menjadi tujuannya. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui segmentasi dan preferensi konsumen dalam pembelian sayuran di pasar tradisional dan pasar modern di Kota Makassar. Teknik pengambilan sampel ditentukan berdasarkan rumus Slovin. Model analisis data yang digunakan adalah Analisis Klaster, Analisis Chi Squrae, Analissi Multiatribut Fishbein. Sebelum data dianalisi, data terlebih dahulu diuji menggunakan uji validitas dan reliabilitas. Dari hasil analisis yang dilakukan diperoleh segmen pasar produk sayuran segar di pasar tradisional dan pasar modern di Kota Makassar terbentuk menjadi dua cluster. Sedangkan pasar yang menjadi preferensi konsumen dalam membeli sayuran segar di Kota Makassar adalah pasar yang menyediakan sayuran segar dengan harga terjangkau dan sayuran dengan tingkat kesegaran tinggi yang merupakan ciri khas pasar tradisional.

Kata Kunci : Segmnetasi, Prefrensi, Sayuran Segar

Item Type: Thesis (Thesis)
Uncontrolled Keywords: Market Segmentation, Preferences, Traditional Markets, Modern Markets, Fresh Vegetables
Subjects: S Agriculture > S Agriculture (General)
Divisions (Program Studi): Program Pascasarjana > Agribisnis
Depositing User: Andi Milu
Date Deposited: 24 Jun 2024 02:39
Last Modified: 24 Jun 2024 02:39
URI: http://repository.unhas.ac.id:443/id/eprint/34228

Actions (login required)

View Item
View Item