A'yun, Lulu Qurrata (2024) ANALISIS PENYELENGGARAAN PELAYANAN PUBLIK PADA DINAS KEPENDUDUKAN DAN PENCATATAN SIPIL KABUPATEN SINJAI = ANALYSIS OF THE ORGANIZATION OF PUBLIC SERVICES AT THE POPULATION AND CIVIL REGISTRATION OFFICE OF SINJAI DISTRICT. Thesis thesis, Universitas Hasanuddin.
E062221002_tesis_15-01-2024 cover1.png
Download (70kB) | Preview
E062221002_tesis_15-01-2024 `1-2.pdf
Download (1MB)
E062221002_tesis_15-01-2024 DP.pdf
Download (1MB)
E062221002_tesis_15-01-2024.pdf
Restricted to Repository staff only until 5 January 2026.
Download (2MB)
Abstract (Abstrak)
LULU QURRATA A’YUN. Analisis Penyelenggaraan Pelayanan Publik Pada Dinas Kependudukan dan Pencatatan Sipil Kabupaten Sinjai (dibimbing oleh Nurlinah dan A.M Rusli). Kegiatan pelayanan publik adalah proses penyediaan dan pemberian layanan oleh pemerintah kepada masyarakat untuk memudahkan berbagai kepentingan publik, di mana semua aspek penyelenggaraan layanan publik harus bersifat transparan dan mudah diakses oleh masyarakat. Tujuan dilaksanakannya penelitian ini adalah untuk mendeskripsikan dan menganalisis Transparansi Pelayanan Publik pada Dinas Kependudukan dan Pencatatan Sipil Kabupaten Sinjai terkait keterbukaan proses penyelenggaraan pelayanan publik, prosedur dan aturan pelayanan serta kemudahan akses informasi dalam penyelenggaraan pelayanan pada Dinas Kependudukan dan Pencatatan Sipil Kabupaten Sinjai. Metode yang digunakan dalam penelitian ini adalah deskriptif kualitatif. Teknik pengumpulan data yang digunakan adalah wawancara, observasi dan dokumentasi. Adapun indikator yang digunakan adalah (1) Keterbukaan proses penyelenggaraan pelayanan publik (2) Prosedur dan aturan pelayanan (3) Kemudahan akses informasi. Dari hasil penelitian yang dilakukan menunjukkan bahwa Transparansi Pelayanan Publik pada Dinas Kependudukan dan Pencatatan Sipil Kabupaten Sinjai, pada indikator keterbukaan dalam proses penyelenggaraan pelayanan publik sudah terealisasi dengan baik dimana penyediaan arus informasi, berita, penjelasan mekanisme, prosedur, data, fakta kepada stakeholder yang membutuhkan informasi sudah sangat jelas dan sesuai dengan standar operasional prosedur (SOP) serta persyaratan dokumen kependudukan. Indikator prosedur dan aturan pelayanan telah memberikan kemudahan, dimana penjelasan mengenai persyaratan, prosedur, biaya dan waktu yang diperlukan sudah sesuai dengan standar operasional prosuder (SOP) dengan berpedoman pada regulasi. Indikator kemudahan untuk memperoleh informasi mengenai berbagai aspek penyelenggaraan pelayanan publik pada Dinas Kependudukan dan Pencatatan Sipil Kabupaten Sinjai belum dapat dikatakan baik (sempurna). Hal tersebut disebabkan akses informasi terhadap dokumen-dokumen kependudukan melalui website yang disediakan belum sepenuhnya lengkap.
Keywords : Pelayanan Publik, Transparansi, Standar Operasional Prosedur.
Item Type: | Thesis (Thesis) |
---|---|
Uncontrolled Keywords: | Public services, Transparency, Standard operational procedures |
Subjects: | H Social Sciences > H Social Sciences (General) |
Divisions (Program Studi): | Fakultas Ilmu Sosial dan Ilmu Politik > Ilmu Pemerintahan |
Depositing User: | S.Sos Rasman - |
Date Deposited: | 07 Jun 2024 01:30 |
Last Modified: | 07 Jun 2024 01:30 |
URI: | http://repository.unhas.ac.id:443/id/eprint/33920 |