PERILAKU KONSUMTIF SEBAGAI UPAYA PENINGKATAN STRATIFIKASI SOSIAL (Studi Kasus Petani Kelurahan Samata Kecamatan Somba Opu Kabupaten Gowa) = Consumptive Behavior as an Effort to Increase Social Stratification (A Case Study of Samata Village, Somba Opu District, Gowa Regency)


Subair, Subair (2023) PERILAKU KONSUMTIF SEBAGAI UPAYA PENINGKATAN STRATIFIKASI SOSIAL (Studi Kasus Petani Kelurahan Samata Kecamatan Somba Opu Kabupaten Gowa) = Consumptive Behavior as an Effort to Increase Social Stratification (A Case Study of Samata Village, Somba Opu District, Gowa Regency). Thesis thesis, Universitas Hasanuddin.

[thumbnail of Cover]
Preview
Image (Cover)
E032211008_tesis_29-01-2024 cover1.png

Download (91kB) | Preview
[thumbnail of Bab 1-2] Text (Bab 1-2)
E032211008_tesis_29-01-2024 1-2.pdf

Download (1MB)
[thumbnail of Dapus] Text (Dapus)
E032211008_tesis_29-01-2024 dp.pdf

Download (941kB)
[thumbnail of Full Text] Text (Full Text)
E032211008_tesis_29-01-2024.pdf
Restricted to Repository staff only until 25 April 2026.

Download (2MB)

Abstract (Abstrak)

Penelitian ini bertujuan menganalisis dan mendeskripsikan perilaku konsumtif sebagai upaya peningkatan stratifikasi sosial petani di Kelurahan Samata Kecamatan Somba Opu Kabupaten Gowa. Penelitian ini memakai pendekatan kualitatif dengan jenis penelitian studi kasus. Teknik pengumpulan data menggunakan wawancara mendalam, observasi, dan dokumentasi. Hasil penelitian ini menunjukkan perubahan perilaku konsumi petani di Kelurahan Samata telah mengarah pada diferensiasi stratifikasi sosial. Perwujudan pembangunan kawasan Mamminasata yang mengakomodasi masyarakat pendatang dengan keberagaman budaya dan gaya hidup telah memodernisasi Kelurahan Samata. Selain itu, mode konsumsi selalu dinaturalisasikan secara sosial melalui media, sehingga masyarakat telah mempunyai standar merek dan gaya hidup tertentu yang mengklasifikasikan individu dengan individu lainnya atas kepemilikan objek-objek konsumtif. Dengan klasifikasi tersebut, masyarakat petani mengimprovisasi posisi mereka pada ruang-ruang sosial dengan kelimpah-ruahan objek-objek konsumtif, baik melalui proses peminjaman maupun penggunaan produk imitasi. Perilaku konsumtif petani telah berimplikasi pada citra diri dan stratifikasi sosial melalui penggunaan pakain, gadget, dan kendaraan sebagai alat komunikatif yang menunjang penilaian seseorang dalam pengelompokan individu pada struktur tertentu. Hal demikian telah memungkinkan petani melakukan berbagai hal, diantaranya proses pembelian mobil dengan hasil penjualan tanah. Sementara yang lain melakukan pembelian produk lokal atau duplikasi yang serupa dengan merek yang sedang populer atau mereka mentransformasikan barang yang relatif mahal dengan proses peminjaman di koperasi, bank dan non-bank.

Keywords : Perilaku Konsumtif, Petani, Stratifikasi Sosial

Item Type: Thesis (Thesis)
Uncontrolled Keywords: Consumptive behavior, Farmers, Social stratification.
Subjects: H Social Sciences > HM Sociology
Divisions (Program Studi): Fakultas Ilmu Sosial dan Ilmu Politik > Sosiologi
Depositing User: S.Sos Rasman -
Date Deposited: 06 Jun 2024 08:36
Last Modified: 06 Jun 2024 08:36
URI: http://repository.unhas.ac.id:443/id/eprint/33856

Actions (login required)

View Item
View Item